UPAYA PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN REFERENSI DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN PEMUSTAKA DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI BENGKULU

Arimbi, Rizky Sagita and Purwaka, Purwaka and Lailatus, Sa'diyah (2023) UPAYA PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN REFERENSI DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN PEMUSTAKA DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
RIZKY SAGITA ARIMBI SKRIPSI - Rizky Sagita.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Tolak ukur atau instrumen untuk mengukur kualitas sebuah perpustakaan adalah kualitas layanan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan standar layanan dengan memungkinkan pustakawan dan petugas perpustakaan lainnya untuk lebih berkonsentrasi pada permasalahan atau hal yang perlu segera ditangani oleh perpustakaan, khususnya layanan referensi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi bengkulu dan untuk mengetahui kendala-kendala dalam meningkatkan kualitas layanan referensi. Populasi dari penelitian ini adalah pemustaka dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan provinsi Bengkulu yang berjumlah 2.215 orang dari bulan Maret 2021 sampai september 2022. Dari populasi tersebut ditentukan jumlah sampel berdasarkan rumus Slovin berjumlah 100 orang. Hasil penelitian pada layanan referensi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu memperoleh nilai dari tiga dimensi kualitas layanan meliputi: Affect Of Service, Information Control, Library As Place keseluruhan perolehan total seluruh dimensi dari nilai Adequacy Gap (AG) yaitu 0,118 hasil ini menunjukkan keseluruhan kualitas layanan referensi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu telah memenuhi harapan minimum dari pemustaka atau cukup puas. Sedangkan, perolehan nilai total Superiority Gap (SG), yaitu 0,04907 dengan nilai skor tersebut berada pada batas toleransi atau dinilai baik. Sehingga menunjukan hasil yang baik dan telah memenuhi harapan minimum pemustaka. Perolehan nilai skor AG dan GS terendah berada pada dimensi Affect Of Service, perolehan nilai AG yaitu: 0,094 dan nilai GS yaitu 0,046. Perbaikan yang utama perlu dilakukan tentunya pada kualitas informasi dan akses informasi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Journal
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 27 Sep 2024 08:31
Last Modified: 27 Sep 2024 08:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21699

Actions (login required)

View Item View Item