ANALISIS KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN DIGITAL UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU

Alusia, Yusi and Nurhayati, Darubekti and Lailatus, Sa'diyah (2023) ANALISIS KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN DIGITAL UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI YUSI - Yusi Alusia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

kualitas layanan diterapkan sebagai salah satu tolak ukur keberhasilan dari sebuah perpustakaan. Tolak ukur ini digunakan untuk meningkatkan suatu kualitas layanan, sehingga memungkinkan agar pustakawan atau staf perpustakaan lebih memfokuskan permasalahan atau apa saja yang perlu segera ditangani oleh perpustakaan, terutama layanan perpustakaan digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas layanan perpustakaan Digital UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. Metode penelitian menggunakan metode DigiQUAL dengan jenis penelitian kuantitatif deskriptif, dengan jumlah sampel sebanyak 87 responden pengguna aktif perpustakaan digital dan teknik pengambilan sampel yaitu dengan metode simple random sampling. Hasil penelitian pada layanan Perpustakaan Digital UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu memperoleh nilai dari sembilan dimensi kualitas layanan meliputi: Accessibility, navigability, interoperability, collection building, resources use, evaluating collection, digital library as community for users, role of federation, dan digital library sustainability. Keseluruhan perolehan total seluruh dimensi dari nilai Adequacy Gap (AG) yaitu 0,39 hasil ini menunjukkan keseluruhan kualitas layanan Perpustakaan Digital UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu telah memenuhi harapan minimum dari pemustaka atau cukup puas. Sedangkan, perolehan nilai total Superiority Gap (SG), yaitu -0,70 dengan nilai skor tersebut berada pada batas toleransi atau dinilai baik. Sehingga menunjukkan hasil “Analisis Kualitas Layanan Perpustakaan Digital UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu” adalah baik dan telah memenuhi harapan minimum pemustaka namun belum mencapai harapan ideal. Perolehan nilai skor AG dan SG terendah berada pada dimensi collection building yang berkaitan dengan peningkatan dan pembaharuan koleksi perpustakaan dengan perolehan nilai AG yaitu: 0,27 dan nilai SG yaitu -0,56. Perbaikan yang utama perlu dilakukan tentunya pada dimensi collection building

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Journal
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 30 Sep 2024 07:11
Last Modified: 30 Sep 2024 07:11
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21731

Actions (login required)

View Item View Item