PENERAPAN PASAL 4 (C) UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK MAKANAN BEKU DI KOTA BENGKULU

BRAMANDA, REXY and Nur, Sulistyo B. Ambarini and Ganefi, Ganefi (2017) PENERAPAN PASAL 4 (C) UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK MAKANAN BEKU DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI REXY BRAMANDA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan oleh penulis yaitu untuk mengetahui penerapan Pasal 4 (c) Undang-Undang Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan konsumen, terhadap produk makanan di kota Bengkulu dan Untuk mengetahui pertanggungjawaban pelaku usaha terhadap konsumen produk makanan beku yang beredar di kota Bengkulu. Konsumen memiliki hak yang telah diatur pada Pasal 4 Undang-Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 dan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan, Hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang dan/atau jasa, Hak unuk memilih barang dan/atau jasa tersebut sesuai dengan nilai tukar dan kondisi serta jaminan yang dijanjikan, Hak atas informasi yang benar dan jujur mengenai kondisi jaminan barang dan/atau jasa, Hak untuk didengar pendapat dan keluhannya atas barang dan/atau jasa yang digunakan. Permasalahan yang timbul adalah bagaimana penerapan Pasal 4 (c) Undang-Undang Nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, terhadap produk makanan beku di kota Bengkulu. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode empiris, yaitu penelitian yang dilakukan di lapangan dengan mendekati masalah yang diteliti dengan kenyataan yang berada dimasyarakat. Penelitian ini dilakukan di pusat perbelanjaan Hypermart dan Giant kota Bengkulu. Penulis mengumpulkan data primer yang diperoleh dari wawancara, artinya tanya jawab dalam bentuk lisan dengan para informan atau responden, dan data skunder yang penulis peroleh melalui peraturan perundang-undangan, buku-buku serta skripsi yang berhubungan dengan penelitian. Selanjutnya data diolah dengan tahapan editing dan coding data yang kemudian dianalisis untuk mendeskripsikan hasil penelitian dengan kata-kata. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, Penerapan Pasal 4 (c) Undang Undang Nomor 8 Tahun 1999 terhadap konsumen produk makanan beku di pusat perbelanjaan Hypermart dan Giant kota Bengkulu dirasakan masih belum maksimal, Penyelesaian sengketa konsumen jika kita meninjau dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dapat dilaksanakan dengan dua cara yaitu secara peradilan dan di luar peradilan. Jika sengketa konsumen tersebut diselesaikan dalam pengadilan, maka yang menanganinya adalah hakim pengadilan sedangkan jika penyelesaian sengketa tersebut diselesaikan diluar pengadilan maka yang menganinya adalah sebuah lembaga yaitu BPSK (Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen). Kata Kunci : Implementasi, Konsumen, Produk Makanan Beku.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: Irma Rohayu, S.IPust
Date Deposited: 30 Sep 2024 09:14
Last Modified: 30 Sep 2024 09:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21767

Actions (login required)

View Item View Item