Joshuwah, Oswandi and Fenny, Marietza and Abdullah, Abdullah (2023) PENGEMBANGAN SOFT SKILL MAHASISWA AKUNTANSI DALAM MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0 (Studi Kasus pada Perguruan Tinggi di Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
Skripsi Joshuwah Oswandi C1C018019 - Joshuwah Oswandi.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Meningkatknya proses otomatisasi di era revolusi industri 4.0 berdampak pada berbagai pekerjaan termasuk pekerjaan akuntan. Untuk dapat beradaptasi di era industri 4.0 ini, seorang akuntan harus memiliki keterampilan lebih selain ilmu pengetahuan yang didapat di bangku kuliah, keterampilan ini disebut dengan soft skill. Namun, pada kenyataannya masih banyak akuntan yang kurang menguasai soft skill. Permasalahan tersebut tentunya tidak lepas dari peran perguruan tinggi sebagai penyedia lulusan akuntansi. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran perguruan tinggi khususnya prodi akuntansi dalam pengembangan soft skill mahasiswa akuntansi di era revolusi industri 4.0. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Informan dalam penelitian ini berasal dari empat perguruan tinggi di Kota Bengkulu (Universitas Bengkulu, Universitas Dehasen, Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH, dan Universitas Muhammadiyah Bengkulu), yang terdiri dari empat pengelola jurusan akuntansi, empat pengelola organisasi mahasiswa akuntansi, dan satu manajer pusat MBKM. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara langsung. dengan metode analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perguruan Tinggi di Kota Bengkulu telah mengembangkan soft skill mahasiswa akuntansi melalui program MBKM, mata kuliah khusus soft skill, mengintegrasikan pengembangan soft skill dalam pembelajaran, kegiatan organisasi, PKM, seminar, serta pelatihan dan ujian kompetensi soft skill. Organisasi mahasiswa akuntansi juga berperan dalam pengembangan soft skill mahasiswa akuntansi melalui proker pelatihan soft skill, kegiatan seminar, mengadakan event dan lomba-lomba. Dalam pelaksanaan kegiatan pengembangan soft skill tersebut organisasi mahasiswa mendapatkan dukungan dari perguruan tinggi berupa dana, pemateri, dan jasa konsultasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan mahasiswa program studi akuntansi dapat memahami lebih baik upaya pengembangan soft skill yang telah dilakukan oleh perguruan tinggi di Kota Bengkulu khususnya prodi akuntansi. Sehingga mahasiswa akuntansi dapat memanfaatkan program pengembangan soft skill dengan lebih baik. Selain itu pengelola program studi akuntansi dan perguruan tinggi Kota Bengkulu juga dapat memahami dan mengevaluasi kembali keadaan pengembangan soft skill mahasiswa akuntansi saat ini. Baik pengembangan soft skill yang sudah terlaksana dengan baik ataupun yang masih dapat ditingkatkan, sehingga kedepannya dapat menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Accounting |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 03:57 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 03:57 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21782 |
Actions (login required)
View Item |