ANALISIS DAMPAK PEMBANGUNAN JALAN LUBUK DURIAN – LUBUK SINI DI PROVINSI BENGKULU TERHADAP PEREKONOMIAN MASYARAKAT (STUDY KASUS : DESA PERBO, DESA JOGYA BARU, DESA BATU BERIANG,DESA PEMATANG TIGA )

Muhammad, Rasyid Ghoni and Izharuddin, Izharuddin and Lela, Rospida (2023) ANALISIS DAMPAK PEMBANGUNAN JALAN LUBUK DURIAN – LUBUK SINI DI PROVINSI BENGKULU TERHADAP PEREKONOMIAN MASYARAKAT (STUDY KASUS : DESA PERBO, DESA JOGYA BARU, DESA BATU BERIANG,DESA PEMATANG TIGA ). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Tesis M. Rasyid Ghoni.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Pembangunan suatu bangsa bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyatnya. Jaringan jalan merupakan salah satu faktor pendukung keberhasilan suatu pembangunan. Karena, jalan berperan untuk pemindahan barang dan manusia sehingga diperlukan jaringan jalan yang memadai. Akses jalan yang baik diperlukan untuk melakukan mobilitas dari satu tempat ke tempat lain jalan menjadi penting keberadaannya karena jalan yang baik dan akses yang mudah dijangkau akan membuat masyarakat menjadi lebih mudah untuk melakukan segala aktivitas perpindahan terutama untuk arus pertukaran ekonomi dari satu tempat ke tempat lain. Jalan Lubuk Durian – Lubuk Sini memiliki total panjang Ruas 44,30 Km dengan Persentase kondisi Baik sepanjang 21,65 Km ( 48,87% ), kondisi Sedang Sepanjang 9 Km ( 20,32 % ), kondisi Rusak Ringan Sepanjang 2,25 Km (5,08 % ), kondisi Rusak Berat Sepanjang 11, 40 Km ( 25,73 % ), berdasarkan data Inventarisasi Jalan Provinsi Bengkulu Tahun 2023. Jalan ini sangatlah strategis selain menghubungkan 2 Kabupaten jalan ini juga bisa menjadi jalur alternatif utama bagi masyarakat yang ingin berpergian dari Kabupaten Bengkulu Utara menuju Kabupaten Bengku Tengah, Kabupaten Kepahiang serta Kabupaten Rejang Lebong maupun sebaliknya karena jalan ini memotong waktu tempuh kurang lebih 1 – 2 jam perjalanan tanpa harus memutar terlebih dahulu ke Kota Bengkulu jika kondisi jalan ini mantap secara keseluruhan, akan tetapi selama ini ruas jalan ini belum di manfaatkan secara utuh oleh masyarakat dikarenakan kendala kondisi jalan yang sangat buruk yang dimana akses jalan ini hanya bisa dilewati oleh jenis mobil tertentu antara lain mobil double garden. Berdasarkan latar belakang masalah di atas dapat disimpulkan bahwa permasalahan yang akan di angkat dalam penelitian ini antara lain: Bagaimana perekonomian masyarakat sekitar simpang Lubuk Durian - Lubuk Sini sebelum di bangunnya jalan, Bagaimana dampak VIII IX pembangunan jalan Lubuk Durian – Lubuk Sini bagi perekonomian masyarakat sekitar setelah jalan selesai di bangun Penelitian Dampak Pembangunan jalan Lubuk Durian – Lubuk sini terhadap perekonomian masyarakat bertujuan untuk menganalisis Perekonomian masyarakat baik sebelum dan sesudah dibangunnya jalan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kuantitatif, Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi langsung dengan menggunakan kuesioner/angket yang disebarkan kepada 80 KK yang berada di 4 desa serta wawancara dengan 4 Kepala desa tersebut. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif yang menggambarkan fenomena keadaan sebenarnya, melaporkan apa adanya sesuai data – data yang di peroleh di anlisa menggunakan Skala likert yang bertujuan untuk mengukur persepsi responden dan di analisa dengan menggunakan tabulasi serta grafik yang menggambarkan keadaan yang sebenarnya di lapangan dan juga di kuatkan dengan hasil wawancara oleh 4 Kepala Desa. dengan klasifikasi hasil penelitian adalah sebelum Pembangunnan jalan variabel tingkat Aksesbilitas memiliki rata-rata penilaian 1,6 dengan kategori sangat rendah dan mengalami kenaikan setelah pembangunan jalan dengan rata-rata 4,4 dengan kategori sangat tinggi. Untuk variabel Pendapatan yang awalnya sebelum Pembangunan jalan dengan nilai rata-rata 1,7 dengan kategori sangat rendah naik menjadi 4,2 setelah adanya pembangunan jalan dengan kategori tinggi. Untuk variabel kesempatan kerja dengan nilai rata-rata 1,3 dengan kategori sangat rendah tidak signifikan berubah hanya meningkat menjadi 2,0 dengan kategori rendah. Sedangkan untuk variabel jenis mata pencaharian sebelum dan sesudah pembangunan jalan ada sedikit pergesaran dari petani ke pedagang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penmbangunan jalan perekonomian masyarakat di 4 desa yang di teliti menunjukan nilai rata-rata kelas interval Sangat rendah dan Pembangunan jalan telah berhasil meningkatkan perekonomian Masyarakat yang dilihat dari indikator Aksesbilitas, Pendapatan, Jenis mata pencaharian dengan nilai rata – rata kelas interval sangat tinggi. Dan masyarakat percaya dengan adanya pembangunan jalan maka kesempatan kerja akan terbuka.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Perencanaan Pembangunan
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 02 Oct 2024 07:44
Last Modified: 02 Oct 2024 07:44
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21794

Actions (login required)

View Item View Item