PERILAKU PELANGGAN GENERASI Z PADA KOSMETIK HALAL MELALUI THEORY OF REASONED ACTION

Zelmita, Ongkiani and Lizar, Alfansi and Effed, Darta Hadi (2023) PERILAKU PELANGGAN GENERASI Z PADA KOSMETIK HALAL MELALUI THEORY OF REASONED ACTION. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI_ZELMITA ONGKIANI - Zelmita Ongkiani_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Kemajuan teknologi memberikan kemudahan untuk melakukan aktivitas sehari-hari, salah satunya beraktivitas berbelanja online. Diketahui bahwa sekitar 80% mayoritas generasi Z menguasai pasar daring sehingga disebut generasi konsumtif. Generasi Z memiliki jumlah yang besar sehingga memudahkan untuk mengakses media sosial, karena itu dengan perkembangan zaman saat ini mengharuskan produk halal untuk dikelola dan terhubung dengan platform digital untuk mentargetkan sasaran produk halal kepada generasi Z. Penelitian ini menggunakan TRA (Theory of Reasoned Action) untuk dasar teori utamanya yang menguji model empiris dari purchase intention yang dipengaruhi oleh religiosity, firm created communication, halal certification, halal awareness, attitude. TRA atau Theory of Reasoned Action untuk menjelaskan niat beli seseorang pada kosmetik halal, TRA ini merupakan suatu model atau teori yang diusulkan oleh Fishbein dan Ajzen (1975) menyebutkan bahwasanya sebuah perilaku seorang individu yang ditentukan oleh niatnya untuk melakukan perilaku tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner online melalui media sosial dengan menggunakan google form. Populasi pada penelitian ini adalah generasi Z yang berniat untuk membeli produk kosmetik halal. Dalam pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 363 responden. Kemudian, data yang diperoleh dianalisis dengan metode Structural Equation Modeling dengan bantuan alat SmartPLS versi 4. Tujuan pada penelitian ini yaitu (1) Untuk menguji pengaruh religiusitas terhadap sikap produk kosmetik halal (2) Untuk menguji pengaruh religiusitas terhadap kesadaran halal pada produk kosmetik halal (3) Untuk menguji pengaruh religiusitas terhadap niat beli produk kosmetik halal (4) Untuk menguji pengaruh firm created communication yang dibuat oleh perusahaan mengenai produk kosmetik halal terhadap sikap (5) Untuk menguji pengaruh sertifikasi halal terhadap kesadaran halal pada produk kosmetik halal (6) Untuk menguji pengaruh sertifikasi halal terhadap niat beli pada produk kosmetik halal (7) Untuk menguji pengaruh kesadaran halal terhadap sikap pada produk kosmetik halal (8) Untuk menguji pengaruh sikap terhadap niat beli pada produk kosmetik halal (9) Untuk menguji pengaruh kesadaran halal terhadap niat beli pada produk kosmetik halal (10) Untuk menguji pengaruh tidak langsung antar religiusitas terhadap niat beli yang dimediasi oleh sikap pada kosmetik halal. (11) Untuk menguji pengaruh tidak langsung antara kesadaran halal terhadap niat beli yang dimediasi oleh sikap pada kosmetik halal. x Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Religiusitas berpengaruh signifikan terhadap sikap. Temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi religiusitas yang dimiliki seseorang akan meningkatkan sikap konsumen untuk membeli produk kosmetik halal, jadi pentingnya untuk meningkatkan religiusitas dalam diri seorang untuk mempengaruhi sikap mereka dalam minat beli kosmetik halal. 2) Religiusitas berpengaruh signifikan terhadap kesadaran halal. Hasil pada penelitian ini menyatakan bahwa semakin tinggi tingkat religiusitas seseorang maka akan semakin tinggi tingkat kesadaran halal akan suatu produk yang dimiliki. 3) Religiusitas berpengaruh signifikan terhadap niat beli. Hal ini menunjukkan bahwa keyakinan agama tidak berpengaruh terhadap niat beli konsumen. 4) Firm created communication yang dilakukan oleh perusahaan melalui sosial media terhadap produk kosmetik halal berpengaruh signifikan terhadap sikap. Hasil ini menunjukkan bahwa firm created communication, semakin menarik iklan yang dibuat oleh suatu perusahaan mengenai produk kosmetik halal akan memeberikan sikap yang positif terhadap produk kosmetik halal. 5) Sertifikasi halal berpengaruh signifikan terhadap kesadaran halal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sertifikasi halal yang dimiliki oleh suatu produk kosmetik akan meningkatkan rasa sadar dalam diri seseorang akan pentingnya peran produk halal untuk digunakan. 6) Sertifikasi halal berpengaruh tidak signifikan terhadap niat beli. Hal ini terbukti dari hasil temuan pada penelitian ini bahwa sertifikasi halal yang dimiliki oleh suatu produk tidak mempengaruhi niat beli konsumen pada produk kosmetik halal. 7) Kesadaran halal berpengaruh signifikan terhadap sikap. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kesadaran halal yang dimiliki oleh seseorang akan berpengaruh positif terhadap sikap untuk membeli produk kosmetik halal. 8) Sikap berpengaruh signifikan terhadap niat beli. Hal ini ditunjukkan dari hasil penelittian yang mengatakan bahwa semakin tinggi sikap seseorang mengenai produk halal akan meningkatkan niat beli pada kosmetik halal. 9) Kesadaran halal berpengaruh signifikan terhadap niat beli. Hal ini ditunjukkan dari hasil penelitian yang mengatakan bahwa semakin tinggi kesadaran halal yang dimiliki maka akan meningkatkan niat untuk membeli produk kosmetik halal. 10) Sikap sebagai variabel mediasi berpengaruh signifikan dalam memediasi religiusitas terhadap niat beli, namun pengaruh mediasi dinyatakan partial mediation. 11) Sikap sebagai variabel mediasi berpengaruh signifikan dalam memediasi kesadaran halal terhadap niat beli, tetapi peran sikap sebagai variabel mediasi dinyatakan full mediation. Berdasarkan pembahasan serta kesimpulan dalam penelitian ini terdapat beberapa saran yang dapat diberikan berkaitan dengan sikap, religiusitas dan kesadaran halal yang dirasakan serta niat beli kosmetik halal yaitu: 1) Peneliti selanjutnya diharapkan untuk melakukan variasa pada penelitian dalam menentukan sampel responden agar lebih spesifik, seperti domisili hanya dalam satu wilayah, kategori usia serta pendapatan yang dimiliki oleh responden untuk hasil penelitian yang menggambarkan informasi yang lebih spesifik serta jelas. 2) Penelitian selanjutnya disarankan untuk menambah lebih banyak literatur yang relavan serta topik dalam penelitian. 3) Peneliti selanjutnya diharapkan untuk memberikan variasi terkait variabel yang berbeda yang belum terdapat pada penelitian terdahulu untuk menambah variasi hasil penelitian. 4) Pada peneliti selanjutnya diharapkan untuk melakukan penelitian lebih baik serta lebih mendalam. Hal ini bertujuan untuk mempermudah dalam penyempurnaan penelitian ini

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 01 Oct 2024 12:29
Last Modified: 01 Oct 2024 12:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21803

Actions (login required)

View Item View Item