Deni Hendra, Ongkiani and Rina, Suthia Hayu and Armelly, Armelly (2023) FAKTOR ANALISIS PENYEBAB RENDAHNYA PARTISIPASI ANGGOTA KOPERASI SYARIAH BENGKULU BERJAMAAH DALAM PEMBELIAN DI 212 MART BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (Thesis)
Tesis Deni Hendra C2B019032 - Deni Hendra.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Koperasi Syariah Bengkulu Bermajaah memiliki 822 orang anggota. Setiap anggota KSBB menyertakan modal sebesar Rp 500.000 s.d Rp 20.000.000 sehingga KSBB membuat unit usaha 212 Mart Bengkulu. Namun pada kenyataannya masih rendahnya tingkat partsipasi anggota KSBB dalam pembelian di 212 Mart Bengkulu. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab rendahnya partisipasi anggota Koperasi Syariah Bengkulu Berjamaah dalam pembelian di 212 Mart Bengkulu. Menurut beberapa penelitian terdahulu terdapat 38 faktor yang mempengaruhi partisipasi anggota Koperasi melakukan pembelian. Namun, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab rendahnya partisipasi anggota Koperasi Syariah Bengkulu Berjamaah dalam pembelian di 212 Mart Bengkulu. Sehingga peneliti menduga 38 faktor tersebut tidak maksimal dilakukan dan diduga menjadi penyebab rendahnya partisipasi anggota Koperasi Syariah Bengkulu Berjamaah dalam pembelian di 212 Mart Bengkulu. Penelitian ini bersifat deskriptif yang dianalisis dengan pendekatan kuantitatif menggunakan Explanatory Factor Analysis. Tahap awal, peneliti menyebarkan kuesioner dengan pernyataan berskala likert (1 – 5) kepada 262 responden menggunakan metode accidential sampling. Selanjutnya, dilakukan pemilihan variabel dengan uji validitas dan uji reabilitas, matriks korelasi dengan Uji KMO & Bartleet dan uji MSA, ekstraksi faktor, rotasi faktor, interpretasi faktor dan penamaan faktor. Hasil peneltian ini, dari 38 faktor yang dilakukan analisis terdapat 34 faktor yang menyebabkan rendahnya partisipasi anggota KSBB dalam pembelian di 212 Mart Bengkulu, yang selanjutnya 34 faktor ini membentuk dan mengelompok menjadi 8 faktor baru. Diantaranya faktor motivasi anggota, manajemen Koperasi, harga, produk, lokasi, pelayanan, promosi dan interior. Faktor yang paling dominan adalah faktor motivasi anggota dengan variabel yang mendominasinya vii adalah rendahnya rasa memiliki anggota atas KSBB dan faktor pelayanan Koperasi dengan variabel yang mendominasinya adalah pengurus KSBB kurang melibatkan anggota dalam mengambil keputusan. Maka untuk meningkatkan partisipasi anggota KSBB dalam pembelian di 212 Mart Bengkulu, ada beberapa upaya yang dapat dilakukan oleh pengurus KSBB, diantara : (1) Melakukan sosialisasi atau edukasi kepada anggota KSBB, (2) Membuat kegiatan rutin yang dapat meningkatkan emosional anggota, (3) Memberikan hak – hak sebagai anggota Koperasi secara maksimal, (4) Merekrut SDM yang berprofesional dalam mengelola 212 Mart Bengkulu, (5) Mengevaluasi strategi penetapan harga dan suplyer produk, (6) Menyediakan berbagai macam merek dan jenis produk yang dibutuhkan anggota KSBB, dan (7) Membuat toko online 212 Mart Bengkulu beserta fitur jasa pelayanan pengantarannya
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Manajemen |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 07:44 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 07:44 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21804 |
Actions (login required)
View Item |