PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI�YOUTUBE UNTUK PRODUK KOSMETIK WARDAH DAN MAYBELLINE DI KOTA BENGKULU

Amirah, Herniati Zahra and Sularsih, Anggarawati and Praningrum, Praningrum (2023) PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI�YOUTUBE UNTUK PRODUK KOSMETIK WARDAH DAN MAYBELLINE DI KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
ilovepdf_merged (2) - luthfiyah efi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Keputusan pembelian merupakan suatu proses yang dilakukan konsumen dalam mengambil keputusan pembelian dengan mengevaluasi produk hingga melakukan pembelian barang atau jasa. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk menguji pengaruh Celebrity Endorser terhadap keputusan pembelian pada produk kosmetik Wardah dan Maybelline di Kota Bengkulu. 2) untuk menguji pengaruh Brand Image terhadap keputusan pembelian pada produk kosmetik Wardah dan Maybelline di Kota Bengkulu. 3) untuk menguji pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image secara simultan terhadap keputusan pembelian pada produk kosmetik Wardah dan Maybelline di Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengambilan sampel penelitian ini terdiri dari populasi dan sampel. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen yang ada di Kota Bengkulu dan menggunakan produk kosmetik Wardah maupun Maybelline. Sedangkan sampel penelitian ini adalah 200 orang yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu 100 orang yang menggunakan produk kosmetik Wardah dan 100 orang yang menggunakan produk kosmetik Maybelline. Selain itu, yang menjadi sampel penelitian ini juga harus memenuhi kriteria yaitu responden yang ada di Kota Bengkulu, responden yang pernah membeli produk kosmetik Wardah maupun Maybelline minimal satu kali dalam satu bulan. Dan responden yang membeli produk kosmetik Wardah maupun Maybelline melalui platform shopee/Tokopedia/Blibli.com dengan metode pembayarannya bisa COD/Kartu Kredit/Dana/OVO/Tunai lewat Indomaret/Alfamart. Metode pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Penyebaran kuesioner dilakukan dari tanggal 21 September 2023 sampai dengan tanggal 30 September 2023. Setelah kuesioner telah disebar, langkah yang pertama yaitu mengolah data uji validitas dan reliabilitas. Hasil uji validitas semua indikator pada variabel celebrity endorser, brand image dan keputusan penelitian adalah valid, sehingga viii data tersebut mampu mengungkapkan sesuatu yang akan di ukur dalam penelitian ini, dan dapat diolah ketahap selanjutnya. Kemudian, hasil uji reliabilitas pada variabel celebrity endorser, brand image dan keputusan penelitian adalah reliabel, maka reabilitas ke tiga variable dapat diterima. Langkah yang kedua data penelitian ini diolah pada uji metode analisis yang terdiri dari uji regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, uji beda, uji t, dan uji F. Hasil uji regresi linier ini adalah 1) Nilai α sebesar 2,857 merupakan konstanta atau keadaan saat variabel keputusan pembelian belum dipengaruhi oleh variabel lainnya yaitu variabel celebrity endorser dan brand image. Jika variabel independen tidak ada, maka variabel keputusan pembelian tidak mengalami perubahan. 2) Koefisien regresi variabel celebrity endorser (β1) sebesar 0,429 dan tingkat signifikansi sebesar 0.000. Hasil regresi ini menunjukan semakin menarik endorser mempromosikan produk, maka semakin tinggi pula tingkat keputusan pembelian produk kosmetik Wardah maupun Maybelline. 3) Koefisien regresi variabel brand image (β2) sebesar 0,222 dan tingkat signifikansi sebesar 0,009. Hasil regresi ini menunjukkan jika brand image yang ada pada produk semakin baik, maka akan tinggi pula tingkat keputusan pembelian produk kosmetik Wardah maupun Maybelline. Hasil uji yang kedua yaitu uji koefisien determinasi, yang mana dari hasil pengolahan data menunjukkan bahwa 1) Nilai R = 0.612 hal ini dapat disimpulkan bahwa hubungan antara variabel celebrity endorser (X1), brand image (X2) terhadap variabel terikat yaitu keputusan pembelian sebesar 61.2 % yang berarti memiliki hubungan yang erat. 2) Adjusted R Square sebesar 0.368 berarti 36.8 % variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh celebrity endorser dan brand image. Sedangkan sisanya 63.2 % dapat dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti oleh penelitian ini, seperti variabel kualitas produk, harga, electronic word of mouth, brand attachment, brand trust, dan variabel lainnya. Hasil uji yang tiga yaitu uji beda, yang mana dari hasil pengolahan data menunjukkan bahwa 1) celebrity endorser produk kosmetik Wardah berbeda secara signifikan dengan celebrity endorser produk kosmetik Maybelline. 2) brand image produk kosmetik Wardah berbeda secara signifikan dengan brand image produk kosmetik Maybelline. 3) keputusan pembelian produk kosmetik Wardah tidak berbeda secara signifikan dengan keputusan pembelian produk kosmetik Maybelline. Hasil uji yang keempat yaitu uji t, yang mana dari hasil pengolahan data menunjukkan bahwa 1) celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Wardah. 2) celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Maybelline. 3) brand image tidak berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan ix pembelian produk kosmetik Wardah. 4) brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Maybelline. Hasil uji yang kelima yaitu uji F, yang mana dari hasil pengolahan data terbukti bahwa celebrity endorser dan brand image secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian baik itu pada produk kosmetik Wardah maupun pada produk kosmetik Maybelline. Adapun saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini untuk penelitian selanjutnya diharapkan untuk dapat meneliti variabel-variabel lain yang tidak diteliti atau tidak dimasukkan dalam penelitian ini seperti kualitas produk, harga, electronic word of mouth, brand attachment, brand trust, dan variabel lainnya

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Manajemen
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 02 Oct 2024 07:46
Last Modified: 02 Oct 2024 07:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21806

Actions (login required)

View Item View Item