PENGARUH KNOWLEDGE TOWARDS GREEN PRODUCTS, ATTITUDE TOWARDS GREEN PRODUCTS DAN GREEN PURCHASE INTENTION TERHADAP GREEN PURCHASE BEHAVIOR PRODUK DETERJEN DI KOTA BENGKULU

Neni, Apriyani and Muhartini, Salim and Fitri, Santi (2023) PENGARUH KNOWLEDGE TOWARDS GREEN PRODUCTS, ATTITUDE TOWARDS GREEN PRODUCTS DAN GREEN PURCHASE INTENTION TERHADAP GREEN PURCHASE BEHAVIOR PRODUK DETERJEN DI KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
TESIS - neni apriyani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Selama ini, deterjen yang banyak beredar di pasaran mengandung bahan aktif surfaktan Linear Alkilbenzen SulfonatIII (LAS), penggunaan bahan aktif LAS ini dapat menyebabkan toksisitas akut dan kronik pada organisme. LAS dalam larutan dengan konsentrasi 20-30% dapat menyebabkan kerusakan jaringan pada tikus setelah kontak kulit lebih dari 15 hari, konsentrasi 25 mg/L LAS, ikan bereaksi dengan pola meningkatnya aktivitas, inaktivasi dan immobilisasi dan dapat menyebabkan kematian (Budiawan et al., 2009). Kong (2014) mengungkapkan bahwa eco-label dan nilai produk hijau membuat kontribusi terbesar dalam mempengaruhi niat beli hijau di kalangan konsumen dan sebaliknya, keduanya green advertising dan green packaging tidak berpengaruh signifikan terhadap niat konsumen untuk membeli produk hijau. Ghouri dan Haq (2018) menunjukkan bahwa kehadiran green advertisement dapat meningkatkan kesadaran akan degradasi lingkungan dan meningkatkan perilaku pembelian ramah lingkungan. Yeoh dan Paladino (2008) menyatakan ada hubungan pengetahuan dengaan perilaku pembelian yang dimediasi oleh sikap konsumen. Artinya ada efek mediasi dari sikap terhadap hubungan antara pengetahuan lingkungan dengan pembelian produk hijau. Lebih lanjut menurut Aman, Harun & Hussein, et.al (2012) yang menjelaskan bahwa sikap konsumen dalam membeli produk hijau dapatt dimediasi oleh produk hijau. Kotler dan Keller (2008) menyatakan bahwa sikap mencakup konsep dasar psikologis yang mendorong perilaku individu dan mempengaruhi perilaku konsumen. Sementara itu, Schiffman dan Kanuk, (2008) menjelaskan bahwa sikap konsumen terhadap belanja hijau dapat mempengaruhi niat pembelian hijau dan secara langsung mempengaruhi perilaku pembelian hijau konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Knowledge Towards Green Products terhadap Green Purchase Behavior, mengetahui pengaruh Attitude Towards Green Products x terhadap Green Purchase Behavior, dan Mengetahui pengaruh Green Purchase Intention terhadap Green Purchase Behavior produk Deterjen di Kota Bengkulu. Desain penelitian ini adalah survey. Populasi adalah kelompok yang diteliti, dalam hal ini populasi masyarakat yang menjadi pengikut Instagram Bengkulu Info sebanyak 326.000 orang. Sampel penelitian ini sebanyak 205 ibu rumah tangga di Kota Bengkulu yang mengikuti Instagram Bengkulu Info. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini berbasis Partial Least Square (PLS). SmartPLS merupakan alat yang handal untuk menguji model prediksi karena memiliki keunggulan dibanding LISREL, AMOS, dan OLS serta SmartPLS juga dapat digunakan untuk memprediksi model dengan landasan teori yang lemah pada data yang mengalami masalah asumsi klasik. Untuk menguji pengaruh dari model pada struktural berbasis Partial Least Square (PLS) melaui inner model: (Abdillah dan Jogiyanto, 2015). Pengujian inner model dilakukan dengan metode resampling bootstrapping dalam Partial Least Square (PLS) yang menghasilkan nilai R-square (R2) untuk konstruk dependen dan t-values setiap path untuk diuji signifikansi antar konstruk (Hair, 2014). Hasil penelitian menunkjukkan bahwa Knowledge Towards Green Products memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Green Purchase Behavior produk Deterjen di Kota Bengkulu dengan nilai t statistic 4,517 ≥ 1,96 dan nilai p�value 0,000 < 0,05 dan Attitude Towards Green Products memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Green Purchase Behavior produk Deterjen di Kota Bengkulu dengan nilai t statistic 2,512 ≥ 1,96 dan nilai p-value 0,012 < 0,05 serta Green Purchase Intention tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Green Purchase Behavior produk Deterjen di Kota Bengkulu dengan nilai t statistic 2,950 ≥ 1,96 dan nilai p-value 0,039 < 0,05. Saran pengetahuan dan sikap konsumen atas produk ramah lingkungan perlu dikelola secara baik dikarenakan pengelolaan atas kedua variabel tersebut akan mampu meningkatkan niat membeli konsumen atas produk ramah lingkungan, akan semakin meningkatnya perilaku konsumen dalam membeli produk hijau

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Manajemen
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 02 Oct 2024 07:46
Last Modified: 02 Oct 2024 07:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21807

Actions (login required)

View Item View Item