ANALISIS PERBANDINGAN KUALITAS LAYANAN GRAB FOOD DAN MAXIM FOOD DELIVERY DI KOTA BENGKULU

Widi, Wahyudi Candra and Ilsya, Hayadi and Willy, Abdillah (2023) ANALISIS PERBANDINGAN KUALITAS LAYANAN GRAB FOOD DAN MAXIM FOOD DELIVERY DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI_WIDI WAHYUDI CANDRA - Widi Wahyudi Candra.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Transportasi online merupakan salah satu inovasi layanan dalam m-commerce. Inovasi layanan ini mampu memberikan banyak manfaat bagi konsumen seperti dalam hal penghematan waktu, tenaga serta kemudahan yang diberikannya. Pelayanan yang memberikan banyak kemudahan dan efisiensi membuat jasa transportasi online menjadi berkembang dan lebih disukai oleh masyarakat dibandingkan dengan jasa transportasi konvensional. Kualitas jasa merupakan hal penting dan selayaknya menjadi perhatian perusahaan jasa. Kualitas jasa yang buruk membuat konsumen tidak nyaman dan berpindah ke layanan jasa lain. Menurut Tjiptono (2012) kualitas pelayanan merupakan suatu upaya pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen serta ketetapan penyampaiannya dalam mengimbangi harapan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kualitas layanan Grab Food dan Maxim Food Delivery di kota Bengkulu berdasarkan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam layanan antar yaitu waktu pengiriman, layanan fleksibel, layanan tepat waktu, layanan purna jual, manajemen pesanan, layanan tersedia, pemasaran dan komunikasi serta informasi online. Penelitian ini menggunakan data primer dengan cara menyebarkan kuesioner untuk mendapatkan data. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan pesanan makanan atau minuman pada layanan Grab Food dan Maxim Food Delivery di kota Bengkulu. Sampel dalam penelitian adalah sebanyak 276 responden. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji One-way Anova. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan pada semua dimensi kualitas layanan. Secara nilai rata-rata kesuluruhan layanan Grab Food lebih unggul dengan nilai 3,96 sedangkan layanan Maxim Food Delivery dengan nilai 3,90. Dari hasil penelitian ini dapat dilihat bahwa persaingan antara dua layanan tersebut tidak jauh berbeda dan begitu kompetitif. Kedua layanan harus memperbaiki dan meningkatkan kualitas layanannya, melakukan inovasi layanan dengan cepat agar mendapatkan pangsa pasar yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 02 Oct 2024 04:43
Last Modified: 02 Oct 2024 04:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21816

Actions (login required)

View Item View Item