Nurlaila, Lubis and Bambang, Sumantri and Ridha, Rizki Novanda (2023) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI MAKANAN TRADISIONAL KIPANG PULUT DIAN DI KOTA PANYABUNGAN PROVINSI SUMATERA UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
SKRIPSI NURLAILA LUBIS (E1D017034) - Nurlaila Lubis.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Kipang Pulut Dian adalah adalah makanan khas dari kota Panyabungan yang diolah menggunakan bahan baku dari beras ketan, gula tebu, vanili, garam dan minyak goreng, memiliki ciri khas berbentuk kotak, rasanya manis, gurih dan renyah. Kipang Pulut Dian mengalami persaingan yang ketat dengan para pelaku usaha lainnya sehingga penting untuk memahami setiap faktor yang akan berpengaruh terhadap minat beli konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk : 1.) mengalisis proses keputusan pembelian Kipang Pulut Dian dan 2.) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen Kipang Pulut Dian. Responden dalam penelitian ini ditentukan dengan metode Accidental Sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa proses pengambilan keputusan konsumen membeli Kipang Pulut Dian pada tahap pengenalan kebutuhan penting dilakukan, sedangkan tahap pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian dan evaluasi pasca pembelian cukup penting dilakukan. Secara keseluruhan konsumen cukup perting melakukan proses pengambilan keputusan pembelian Kipang Pulut Dian. Secara simultan variabel warna, tekstur, aroma, rasa, penilaiani harga, kemasan dan kebersihan berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen membeli Kipang Pulut Dian. Secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel warna, tekstur, rasa, dan kebersihan terhadap keputusan konsumen membeli Kipang Pulut Dian, sedangkan variabel aroma, penilaian harga dan kemasan tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan konsumen membeli Kipang Pulut Dian. Kata kunci : Kipang Pulut Dian, Makanan Tradisional, Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness |
Depositing User: | Sugiarti, S.IPust |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 04:23 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 04:23 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21830 |
Actions (login required)
View Item |