PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 78 KOTA BENGKULU

Triani, Deliza Septika and Endang, Widi Winarni and Abdul, Muktadir (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 78 KOTA BENGKULU. Jurnal Pembelajaran dan Pembelajaran Pendidikan Dasar (JP3D), 2 (1). pp. 71-82. ISSN 2654-2870

[img] Text (Article)
JP3D Vol. 2 No. 1 2019.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap sikap peduli lingkungan dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 78 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Eksperimental Design. Sampel penelitian adalah SDN 78 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian ini berupa angket sikap peduli lingkungan dan tes hasil belajar. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan analisis inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian sikap peduli lingkungan siswa ini menunjukkan hasil Uji-t dengan t hitung 0,70 dan nilai t hitung hasil belajar IPA siswa 3,83. Adapun nilai t tabel dengan taraf signifikan α= 5% pada sampel sebesar 2,00. Karena pada kedua variabel sikap peduli lingkungan dan hasil belajar IPA t hitung > t tabel, maka dapat disumpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran PBL terhadap sikap peduli lingkungan dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 78 Kota Bengkulu.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Journal
Depositing User: Septi Septi
Date Deposited: 01 Nov 2020 12:03
Last Modified: 01 Nov 2020 12:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21851

Actions (login required)

View Item View Item