JATI DIRI MEDIA ONLINE SEBAGAI THE FOURTH ESTATE OF DEMOCRACY (INVESTIGASI KOMPAS.COM, DETIK.COM DAN REPUBLIKA.CO.ID SEPANJANG AGUSTUS 2017)

Irmayanti, Meiselina and Abdul, Muktadir and Melisa, Arisanty (2017) JATI DIRI MEDIA ONLINE SEBAGAI THE FOURTH ESTATE OF DEMOCRACY (INVESTIGASI KOMPAS.COM, DETIK.COM DAN REPUBLIKA.CO.ID SEPANJANG AGUSTUS 2017). In: The 3rd Indonesia Media Research Awards & Summit (IMRAS) 2017.

[img] Text (Proceeding)
ARTIKEL PROSIDING PAK ABDUL JADI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini menggambarkan jati diri media online sebagai pilar keempat demokrasi dengan melihat produk jurnalistik berupa 26.703 judul dan 1.441 konten berita di Kompas.com, Detik.com dan Republika.co.id selama Agustus 2017. Selanjutnya, peneliti menerapkan teori persuasion dalam melihat sejauh mana judul dan konten berita di media online dapat menciptakan, menguatkan atau memodifikasi keyakinan, sikap atau perilaku sekaligus membongkar motif dibalik judul dan konten berita yang dimuat. Investigasi ini menerapkan interpretasi gramatis dan psikologis. Hasilnya menunjukkan bahwa judul berita gagal merealisasikan media online sebagai The Fourth Estate Of Democracy. Sementara konten berita terbagi dalam tiga kualitas, yakni informasi utuh, informasi hampir utuh dan informasi bias sebagai golongan yang menggambarkan mana karakter media online yang memenuhi The Fourth Estate Of Democracy. Hasil ini dampak dari manipulasi bahasa, konsep dan pernyataan “oknum” media online yang sengaja “mengkamuflase” informasi sesuai dengan keinginan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: Septi Septi
Date Deposited: 01 Nov 2020 12:01
Last Modified: 01 Nov 2020 12:01
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21853

Actions (login required)

View Item View Item