Amina, Sirua and Handoko, Hadiyanto and Yusnida, Yusnida (2023) ANALISIS PEMANFAATAN DANA BEASISWA AFIRMASI DIKTI DALAM MENINGKATKAN KEMAJUAN STUDI ( Studi Kasus Mahasiswa Papua di Universitas Bengkulu ). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
Karya Ilmiah- Amina Sirua- C1A016047 - Amina Sirua.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan dana beasiswa afirmasi dikti yang dapat meningkatkan kemajuan studi mahasiswa afirmasi. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dari 53 responden yang merupakan mahasiswa aktif penerima beasiswa afirmasi dikti di Universitas Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan secara langsung. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Pengukuran penelitian dalam kuesioner ini terdiri dari 12 pernyataan kepada responden. Analisis data menggunakan perhitungan skala likert. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Beasiswa Afirmasi yang diberikan pemerintah berpengaruh positif terhadap kemajuan studi mahasiswa/i papua (2) Biaya Langsung yang diterima oleh mahasiswa/i papua berpengaruh positif terhadap kemajuan studi (3) Biaya Tidak Langsung yang diberikan pemerintah berpengaruh positif terhadap kemajuan studi. Kata Kunci : Beasiswa Afirmasi, Biaya Langsung, Biaya Tidak Langsung Abstract The purpose of this research is to find out the utilization of the Higher Education affirmation scholarship funds which can improve the study progress of affirmative students. The research method used is descriptive qualitative method. Data was collected from 53 respondents who were active students receiving higher education affirmation scholarships at the University of Bengkulu. Data collection techniques using questionnaires that are distributed directly. The sampling technique used is purposive sampling technique. The research measurement in this questionnaire consists of 12 statements to respondents. Data analysis uses a likert scale calculation. The results of this study indicate that (1) Affirmation Scholarships provided by the government have a positive effect on the study progress of Papuan students (2) Direct costs received by Papuan students have a positive effect on study progress (3) Indirect costs provided by the government have a positive effect on study progress.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Development Economics |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 08:56 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 08:56 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21877 |
Actions (login required)
View Item |