ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PERTIMBANGAN DALAM PEMBELIAN SEPEDA MOTOR MEREK YAMAHA DI KOTA BENGKULU

Permana Putra, Candra and Eka Putri, Seprianti (2009) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PERTIMBANGAN DALAM PEMBELIAN SEPEDA MOTOR MEREK YAMAHA DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[img] Text
CANDRA P. PUTRA FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen membeli sepeda motor merek Yamaha di Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey yaitu penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi yang menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpul data. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuisioner dan data sekunder yang berupa laporan, referensi dan dokumen pada Dealer Yamaha yakni PT Thamrin Brothers Bengkulu. Populasi dalam penelitian adalah seluruh konsumen yang memiliki sepeda motor merek Yamaha di Kota Bengkulu. Metode pengambilan sampel digunakan adalah accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang responden. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis faktor. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa : (1) Reduksi terhadap 25 faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen membeli sepeda motor merek Yamaha di Bengkulu menghasilkan 7 (tujuh) faktor. Ketujuh faktor tersebut adalah: Faktor Harga, Faktor Kebutuhan dan Gaya Hidup, Faktor Produk yang Variatif, Faktor Fasilitas Pelayanan dan Kemudahan, Faktor Inovasi, Faktor Promosi dan Brand Image, dan Faktor Jaminan Kualitas; dan (2) Kontribusi ketujuh faktor tersebut secara bersama-sama menunjukkan kontribusi faktor-faktor tersebut menjadi pertimbangan konsumen membeli sepeda motor merek Yamaha sebesar 78,70% sedangkan selebihnya adalah adanya pengaruh faktor lain di luar ketujuh faktor tersebut. Dari hasil penelitian dan didasarkan pada kesimpulan yang ada, maka dapat dikemukakan beberapa saran sebagai berikut : (1) Mengingat segmen pelanggan sepeda motor di Bengkulu khususnya sepeda motor merek Yamaha adalah berasal dari berbagai kalangan atau tepatnya golongan menengah ke atas dengan tingkat pendapatan yang bervariasi, pengusaha harus dapat menerapkan strategi yang sesuai untuk mampu bersaing dengan sepeda motor merek lainnya, seperti strategi marketing mix; (2) Perusahaan harus membina hubungan baik dengan pelanggan, karena dapat menjadi sarana promosi penjualan seperti membuka bazar-bazar, melakukan kegiatan sosial, dan kegiatan-kegiatan positif lainnya; dan (3) Untuk penelitian lebih lanjut agar dikembangkan dengan mengamati variabel-variabel baru selain yang telah dilakukan dalam penelitian ini atau pada aspek perilaku konsumsi maupun preferensi konsumen pada sepeda motor merek Jepang lainnya di Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 28 Nov 2013 20:49
Last Modified: 28 Nov 2013 20:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2190

Actions (login required)

View Item View Item