PENGARUH MOTIVASI DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA BANK BNI KANTOR CABANG BENGKULU

Nurmalia, Betarina and Slamet, Widodo and Sigit, Nugroho (2023) PENGARUH MOTIVASI DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA BANK BNI KANTOR CABANG BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
TESIS (NURMALIA BETARINA C2B020049) - nurmalia betarina.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul pengaruh motivasi dan kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan dengan organizational citizenship behavior sebagai variabel mediasi pada bank BNI KC Bengkulu. Sumber daya manusia yang ada akan menjadi aset organisasi yang sangat penting karena sumber daya manusia akan menggerakkan organisasi sesuai dengan perannya masing-masing dalam struktur organisasi. Selain mengerjakan tugas pokok, karyawan juga dapat melakukan tugas ekstra di luar tanggung jawabnya, seperti mau bekerja sama, tolong menolong, berpartisipasi aktif, memberikan saran dan mau menggunakan waktu kerjanya dengan efektif. Hubungan antara OCB yang dapat memediasi motivasi dan kecerdasan emosional dapat diketahui berdasarkan Theory of Planned Behavior, seseorang yang memiliki niat/motivasi yang besar untuk memajukan suatu organisasi akan selalu menunjukkan kinerja yang baik sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya Terdapat beberapa fenomena – fenomena yang terjadi di bank BNI KC Bengkulu, diantaranya: pertama: pimpinan membiarkan karyawan menerima hadiah dari nasabah. Kedua: apabila karyawan tidak dapat mencapai target maka pimpinan dapat bersikap keras kepada karyawan. Ketiga: passion pendidikan yang tidak sesuai. Keempat: tekanan kerja yang tinggi dan jam kerja diluar batas normal membuat karyawan merasa bahwa pekerjaannya dapat menjadi beban. Untuk mencapai hasil tersebut diperlukan faktor, diantaranya, yaitu: motivasi, kecerdasan emosional, organizational citizenship behavior dan kinerja karyawan. Bank BNI KC Bengkulu menggunakan KPI sebagai alat ukur kinerja seluruh karyawan, KPI merupakan ukuran kuantitatif dan bertahap untuk organisasi dengan perspektif yang beragam dan mengandalkan data yang konkrit sebagai titik awal untuk penetapan tujuan dan pembangunan strategi organisasi. pada organizational citizenship behavior melibatkan perilaku sukarela dan ekstra peran yang tidak termasuk dalam deskripsi tugas utama karyawan. OCB mencakup tindakan seperti membantu rekan kerja, berbagi pengetahuan, mendukung kebijakan organisasi, dan lainnya. Motivasi berdasarkan Herzberg mengemukakan bahwa motivasi merupakan keinginan untuk melakukan suatu pekerjaan untuk mencapai tujuan. Kecerdasan emosional berdasarkan Goleman kemampuan memotivasi diri sendiri dan menahan stres, mengendalikan dorongan viii hati dan tidak melebih-lebihkan kesenangan, mengatur suasana hati dan mencegah stres untuk tidak melumpuhkan kemampuan berpikir, berempati, dan berdoa. Dimensi dari motivasi pada penelitian ini adalah prestasi, pengakuan, pekerjaan itu sendiri, tanggung jawab, dan kemajuan. Dimensi dari variabel kecerdasan emosional diantaranya adalah mengenali emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, empati, dan membina hubungan. Dimensi variabel mediasi organizational citizenship behavior diantaranya: altruism, conscientiousness, sportsmanship, civic virtue, dan courtesy. Dimensi dari kinerja karyawan pada penelitian ini adalah keuangan dan pasar, focus pelanggan, efektivitas produk dan proses, fokus tenaga kerja, dan kepemimpinan tata kelola dan tanggung jawab ke masyarakat. Penelitian ini menggunakan data primer berupa kuesioner / angket. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah PLS-SEM. Sampel dalam penelitian ini adalah 96 karyawan bank BNI KC Bengkulu dengan menggunakan survey sampling. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Variabel dependen pada penelitian ini adalah kinerja karyawan, sedangkan variabel independen adalah motivasi dan kecerdasan emosional. Selain itu terdapat variabel organizational citizenship behavior sebagai mediasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap organizational citizenship behavior. Kecerdasan emosional berpengaruh terhadap organizational citizenship behavior. Organizational citizenship behavior berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Motivasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan. Kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Dalam hubungan mediasi, organizational citizenship behavior diketahui tidak dapat memediasi hubungan antara motivasi dan kinerja karyawan. Selanjutnya, organizational citizenship behavior dapat memediasi hubungan antara kecerdasan emosional dan kinerja karyawan secara signifikan. Saran yang bisa peneliti berikan ialah untuk pihak bank BNI KC Bengkulu harus terus meningkatkan perilaku OCB setiap karyawan. Mendukung karyawan untuk menimbulkan perilaku OCB. Kemudian saran selanjutnya, perlunya mengembangkan kompetensi kecerdasan emosional dan menciptakan budaya yang menghargai dan menumbuhkan OCB guna meningkatkan efisiensi dan produktivitas karyawan. Saran peneliti untuk penelitian selanjutnya dapat mengembangkan pada variabel lain yang dapat mendukung faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan. Selain itu, mampu memberikan variabel yang terbaru yang lebih luas mengenai faktor yang dapat mempengaruhi kinerja dan OCB. Keterbatasan ialah responden didominasi oleh usia 30 tahun ke bawah sehingga belum mencerminkan perbedaan perilaku sesungguhnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Manajemen
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 04 Oct 2024 02:21
Last Modified: 04 Oct 2024 02:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21906

Actions (login required)

View Item View Item