PENERAPAN METODE TRANSFORMER PADA QUESTION ANSWERING SYSTEM UNTUK PANDUAN PENGENALAN KAMPUS (Studi Kasus : Universitas Bengkulu)

FEDRYANTO, DARTIKO and Aan, Erlanshari and Mochammad, Yusa (2024) PENERAPAN METODE TRANSFORMER PADA QUESTION ANSWERING SYSTEM UNTUK PANDUAN PENGENALAN KAMPUS (Studi Kasus : Universitas Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi_Fedryanto Dartiko_G1A019012 - Fedryanto Dartiko.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan metode transformer pada Question Answering System (QAS) sebagai panduan pengenalan kampus, menggunakan dataset yang dibangun berdasarkan Buku Panduan Akademik Universitas Bengkulu. Proses pengenalan kampus adalah proses di mana mahasiswa baru memperoleh informasi terkait kampus melalui serangkaian kegiatan kampus serta dari mahasiswa lama. Namun, penyampaian informasi terkait pengenalan kampus di Universitas Bengkulu masih terbatas dan terpisah�pisah, menyebabkan mahasiswa tidak mengetahui secara rinci informasi yang dibutuhkan dalam serangkaian proses perkuliahan di kampus. Sebagai solusi, sebuah sistem deep learning dengan basis pengetahuan diperlukan. Penelitian ini membandingkan dua arsitektur transformer, yaitu RoBERTa dan IndoBERT, menggunakan dataset yang dibangun dengan format SQuAD dataset berbahasa Indonesia yang sudah dianotasi sebanyak 5046 data. Hasil perbandingan menunjukkan bahwa IndoBERT lebih baik, dengan nilai Exact Match (EM) sebesar 81,17 dan F1-Score sebesar 91,32, sedangkan RoBERTa memiliki nilai EM dan F1-Score berturut-turut sebesar 79,53 dan 90,18.Hasil penelitian ini menghasilkan Question Answering System (QAS) dengan model IndoBERT yang telah diuji secara fungsional menggunakan Black Box dan White Box. Sistem ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman python dan framework Django. Kata Kunci : Question Answering, NLP, Transformer, IndoBERT, RoBERTa

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: Lili Haryanti, S.IPust
Date Deposited: 03 Oct 2024 07:46
Last Modified: 03 Oct 2024 07:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21915

Actions (login required)

View Item View Item