Juan, Armando Putra and Dri, Asmawanti and Halimatusyadiah, Halimatusyadiah (2023) PENGARUH KOMPETENSI, MOTIVASI, KOMPENSASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA PENGELOLA BUMDES. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
Skripsi Juan Armando Putra C1C018024_S1 Akuntansi - Juan Armando Putra.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Secara etimologi, kinerja berasal dari kata performance. Performance berasal dari kata to perform yang mempunyai beberapa masukan (entries), yakni (1) melakukan, (2) memenuhi atau menjalankan suatu, (3) melaksanakan suatu tanggung jawab, (4) melakukan sesuatu yang diharapkan oleh seseorang. Kinerja pada BUMDes menjadi perhatian dikarenakan banyak BUMDes yang tidak berjalan. Dari 142 BUMDes di kabupaten Bengkulu Tengah hanya 44 BUMDes yang masuk kategori aktif. Salah satu permasalahan yang dihadapi dari BUMDes adalah sistem manajemen yang belum optimal serta rendahnya kualitas sumber daya manusia (Putra & Hendriani, 2020). Penelitian ini menguji pengaruh kompetensi, motivasi, kompensasi dan komunikasi terhadap kinerja pengelola BUMDes. Teori yang digunakan adalah Stewardship yang dikemukaan oleh Hernandez, (2008), dimana teori ini menyebutkan bahwa steward akan mendahulukan kepentingan principals yang merupakan tujuan organisasi dibandingkan kepentingan pribadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuisioner kepada direktur dan bendahara BUMDes di kabupaten Bengkulu Tengah. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan memperoleh 84 responden. Data analisis dengan menggunakan bantuan program SPSS statistic versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi, motivasi, kompensasi dan komunikasi memiliki pengaruh positif terhadap kinerja pengelola BUMDes. Secara praktis penelitian ini memberikan informasi kepada BUMDes tentang faktor-faktor yang dapat meningkatkan kinerja dari pengelola BUMDes antara lain dengan meningkatkan kompetensi yang dimiliki oleh pengelola BUMDes, memberikan motivasi untuk terus melaksanakan tugas dan fungsi dengan baik, pemberian kompensasi yang adil dan sesuai dengan tanggung jawab kerja, serta melakukan komunikasi yang intens. Keterbatasan penelitian ini yaitu pengukuran varabel kinerja dan motivasi yang belum mampu menunjukan hasil yang ingin dicapai, hasil penelitian belum menunjukan hasil yang ingin dicapai, hasil penellitin belum menunjukan keadaan BUMDes yang sebenarnya serta kuesioner yang digunakan masih sederhana sehingga belum mendapatkan informasi secara mendalam. Kata Kunci: BUMDes, kinerja, Kompetensi, Motivasi, Kompensasi, Komunikasi
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Accounting |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 08:04 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 08:04 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21921 |
Actions (login required)
View Item |