SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENEMPATAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN BERDASARKAN NILAI KOMPETENSI DASAR DAN NILAI SIKAP SISWA MENGGUNAKAN METODE PEMBOBOTAN RANK ORDER CENTROID DAN METODE PROFILE MATCHING (STUDI KASUS : SMKN 1 KOTA BENGKULU)

ADYAN, ANRI QASTHARI and Boko, Susilo and Desi, Andreswari (2019) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENEMPATAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN BERDASARKAN NILAI KOMPETENSI DASAR DAN NILAI SIKAP SISWA MENGGUNAKAN METODE PEMBOBOTAN RANK ORDER CENTROID DAN METODE PROFILE MATCHING (STUDI KASUS : SMKN 1 KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Archive (Thesis)
Anri Qasthari Adyan (G1A012046).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Seleksi penempatan praktik kerja lapangan siswa merupakan salah satu kegiatan yang memerlukan kejelian dalam penilaian kompetensi dasar dan nilai sikap siswa. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah sistem pendukung keputusan penempatan praktik kerja lapangan siswa secara lebih baik menggunakan metode pembobotan ROC (Rank Order Centroid) dan metode Profile Matching yang dapat membantu staf ataupun guru pada bidang Humas yang mengurusi penempataan siswa kelas XI dalam melakukan praktik kerja lapangan di SMKN 1 Kota Bengkulu. Dalam sistem pendukung keputusan ini data yang diolah adalah nilai kompetensi dasar siswa, nilai sikap siswa dan standarisasi nilai kompentesi dasar maupun nilai sikap siswa di lokasi praktik kerja lapangan. Kemudian dengan menggunakan metode yang ditetapkan, diharapkan dapat diperoleh hasil yang memuaskan agar siswa-siswa mendapatkan lokasi tempat praktik kerja lapangan sesuai dengan keahlian dan kemampuan siswa terebut. Hasil dari penelitian ini adalah sistem yang dapat digunakan oleh pengguna untuk memberikan rekomendasikan tempat praktik kerja lapangan bagi siswa SMKN 1 Kota Bengkulu yang sesuai dengan kriteria yang ditentukan dengan menggunakan metode pembobotan Rank Order Centroid dan metode Profile Matching. Pengujian black box untuk menemukan kesalahan fungsi dan antarmuka sistem dilakukan pada 15 halaman dan 32 skenario, dengan hasil 32 skenario uji berhasil 100% dan berjalan sebagaiman mestinya. Kata kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Praktik Kerja Lapangan, Rank Order Centroid, Profile Matching

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 04 Dec 2020 02:21
Last Modified: 04 Dec 2020 02:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21952

Actions (login required)

View Item View Item