IMPLEMENTASI ALGORITMA HARD K-MEANS CLUSTERING DALAM PENENTUAN MASA PENSIUN PEGAWAI (STUDI KASUS : BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH PROVINSI BENGKULU)

SYAH PUTRA, HERU and Asahar, Johar and Funny, Farady Coastera (2019) IMPLEMENTASI ALGORITMA HARD K-MEANS CLUSTERING DALAM PENENTUAN MASA PENSIUN PEGAWAI (STUDI KASUS : BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH PROVINSI BENGKULU). Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Archive (Thesis)
Revisi sidang.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Tentang pokok-pokok kepegawaian pasal 10 disebutkan bahwa pensiun merupakan suatu kondisi dimana seorang pegawai negeri sipil (PNS) tidak bekerja lagi atau juga disebut dengan jaminan hari tua, dalam peraturan pemerintah nomor : 11 tahun 2017 tentang manajemen pegawai negeri sipil yang telah mencapai batas usia pensiun diberhentikan dengan hormat adapun batasan pensiun diumur 58 tahun pejabat fungsional muda, 60 tahun pejabat fungsional madya, dan 65 tahun pejabat fungsional ahli utama. saat ini dalam pengelolahan data pegawai pensiun masih dikerjakan secara manual belum terkomputerisasi sehingga operator dan pegawai mengalami kesulitan dalam mengangani masalah pegawai yang akan pensiun. Untuk mengatasi permasalah tersebut, pemerintah membentuk program sistem informasi pensiun dengan harapan bisa membantu mempermudah dalam pengerjaan data pegawai pensiun baik operator yang menangani maupun pegawai yang akan pensiun. Badan kepegawaian daerah provinsi Bengkulu menetapkan 2 indikator untuk dijadikan acuan untuk melakukan pengelompokan pegawai masuk kedalam masa pensiun. Dalam penelitian ini,dibangun sebuah sistem berbasis website yang dapat membantu proses pengelolahan data pensiun pegawai. Sistem ini akan mengimplementasikan algoritma hard k-means clustering untuk pengelompokan proses masa pensiun pegawai. Kata Kunci : Permasalahan Pengelolahan Data Pegawai Pensiun (BKD), website, hard k-means clustering, kluster

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 04 Dec 2020 02:39
Last Modified: 04 Dec 2020 02:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21956

Actions (login required)

View Item View Item