PENGEMBANGAN SISTEM EVALUASI NILAI MAHASISWA BERORIENTASI OBJEK MENGGUNAKAN METODE PENILAIAN NISBI (STUDI KASUS PROGRAM STUDI INFORMATIKA UNIVERSITAS BENGKULU)

SEPTIYANDA, MUHAMAD IRFAN and Asahar, Johar and yudi, Setiawan (2019) PENGEMBANGAN SISTEM EVALUASI NILAI MAHASISWA BERORIENTASI OBJEK MENGGUNAKAN METODE PENILAIAN NISBI (STUDI KASUS PROGRAM STUDI INFORMATIKA UNIVERSITAS BENGKULU). Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi final.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penilaian merupakan komponen penting dalam lingkungan pembelajaran serta memiliki peran dalam mengetahui hasil pembelajaran. Berdasarkan pasal 31 sampai 34 dalam Buku Panduan Akademik Universitas Bengkulu tahun ajaran 2017 - 2018, Universitas Bengkulu memiliki 2 metode penilaian yaitu metode penilaian mutlak dan metode penilaian nisbi. Universitas Bengkulu mempunyai sebuah sistem penilaian yang berada di bawah naungan Sistem Akademik Universitas Bengkulu. Tetapi, sistem ini hanya dapat mengelola nilai menggunakan metode penilaian mutlak sehingga, jika ingin menggunakan penilaian nisbi dosen harus menghitung dan menerapkan rumus statistik secara manual. Tujuan penelitian adalah Menerapkan perancangan berorientasi objek dalam menganalisa kebutuhan sistem evaluasi nilai mahasiswa dengan menggunakan metode penilaian nisbi di Universitas Bengkulu dan membuat sistem yang dapat membantu dosen mengeolah nilai menjadi penilaian nisbi. Objek penelitian ini ialah nilai komponen penilaian dan nilai akhir kelas matakuliah mahasiswa teknik informatika universitas bengkulu. Aplikasi ini dibangun dalam bahasa pemrograman HTML, CSS, Javascript, Php, dan Mysql serta dirancang dengan perancangan berorientasi objek menggunakan diagram UML. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan beberapa hasil yaitu (1) Telah berhasil dikembangkan sistem penilaian mahasiswa yang sesuai dengan aturan penilaian pada buku panduan akademik universitas bengkulu dengan hasil uji blackbox sebesar 100%. (2) Faktor yang paling mempengaruhi penilaian nisbi yaitu ada atau tidaknya nilai BL pada kelas matakuliah. Kata Kunci : Penilaian, mutlak, nisbi, statistik, standar deviasi, mean

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 04 Dec 2020 02:55
Last Modified: 04 Dec 2020 02:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21959

Actions (login required)

View Item View Item