IMPLEMENTASI SENTIMENT ANALYSIS DAN K-NEAREST NEIGHBOR PADA SISTEM REKOMENDASI PARIWISATA KOTA BENGKULU MENGGUNAKAN DATA KOMENTAR VENUE FOURSQUARE

GATIARINI, SELVIA and Boko, Susilo and yudi, Setiawan (2019) IMPLEMENTASI SENTIMENT ANALYSIS DAN K-NEAREST NEIGHBOR PADA SISTEM REKOMENDASI PARIWISATA KOTA BENGKULU MENGGUNAKAN DATA KOMENTAR VENUE FOURSQUARE. Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Archive (Thesis)
Selvia Gatiarini_G1A014003.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Terkait pariwisata, Pemerintah Provinsi Bengkulu memprogramkan Bengkulu sebagai destinasi kunjungan Internasional, melalui program tahun kunjungan wisata internasional, “Visit Bengkulu Tahun 2020”. Oleh karenanya dibutuhkan suatu aplikasi yang dapat memberikan rekomendasi tempat pariwisata di Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan sentiment analysis dan metode K-Nearest Neighbor pada sistem rekomendasi pariwisata Kota Bengkulu dengan menggunakan data komentar venue Foursquare. Rekomendasi pariwisata dirancang berdasarkan saran yang diberikan masyarakat (proses penambangan) berupa komentar sehingga untuk penilaian yang dilakukan didasarkan komentar yang telah ada di dalam sebuah situs jejaring sosial Foursquare. Komentar yang berasal dari Foursquare akan ditambang terlebih dahulu menjadi venue komentar yang kemudian dilakukan proses sentimen berdasarkan kata positif dan kata negatif yang terkandung dalam setiap komentar dan dikelompokkan pada nilai sentimen (sentimen positif, sentimen negatif dan sentimen netral) untuk masing-masing komentar. Dengan nilai d (jarak euclidian) terkecil berdasarkan metode K-Nearest Neighbor untuk menentukan rekomendasi pariwisata. Sistem rekomendasi ini telah memberikan hasil penelitian yang cukup baik yaitu mendapatkan keakuratan 100% berhasil untuk pengujian black box dan sebesar 86,752% untuk hasil pengujian menggunakan usability testing. Kata kunci : Pariwisata, Rekomendasi Pariwisata, K-Nearest Neighbor, Foursquare.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 04 Dec 2020 03:22
Last Modified: 04 Dec 2020 03:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21967

Actions (login required)

View Item View Item