PEMANFAATAN CITRA PENGINDERAAN JAUH UNTUK PEMETAAN KLASIFIKASI TUTUPAN LAHAN MENGGUNAKAN METODE UNSUPERVISED K-MEANS BERBASIS WEB GIS (STUDI KASUS SUB-DAS BENGKULU HILIR)

NIAGARA, YUDHA and Ernawati, Ernawati and Endina, Putri Purwandari (2019) PEMANFAATAN CITRA PENGINDERAAN JAUH UNTUK PEMETAAN KLASIFIKASI TUTUPAN LAHAN MENGGUNAKAN METODE UNSUPERVISED K-MEANS BERBASIS WEB GIS (STUDI KASUS SUB-DAS BENGKULU HILIR). Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Archive (Thesis)
Laporan.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Klasifikasi citra tutupan lahan dapat dilakukan dengan memanfaatkan citra jarak jauh yang diolah dengan beberapa metode dan software pendukung. Penelitian ini memanfaatkan citra satelit Landsat 8 OLI (Operational Land Imager) untuk mengklasifikasikan tutupan lahan pada area sub-DAS Bengkulu Hilir dengan menggunakan metode K-MEANS dan beberapa software pendukung seperti Arcgis, Envi, dll. Penelitian ini dilakukan dalam beberapa tahapan yaitu, pra�processing untuk memotong citra satelit sesuai dengan area yang akan diklasifikasikan, kemudian menentukan kombinasi band terbaik yang akan digunakan pada saat pengolahan citra. Setelah citra siap diolah maka akan dilakukan proses klasifikasi dengan menggunakan metode K-MEANS. Hasil dari proses klasifikasi selanjutnya di konversi kedalam bentuk kode GeoJson agar dapat ditampilkan dalam bentuk website. Klasifikasi yang ditentukan pada penelitian ini yakni sebanyak 7 cluster, yaitu : wilayah air, wilayah lahan terbangun, wilayah lahan kosong, wilayah perkebunan, wilayah semak & belukar, dan wilayah ladang. Uji akurasi pada hasil yang didapat menunjukan angka yang baik yakni pada uji akurasi dengan menggunakan google earth mendapatkan hasil sebesar 91,42 % dari 35 titik sampel, kemudian uji akurasi yang dilakukan dengan menggunakan metode cek lapangan mendapatkan hasil sebesar 90 % dari 10 titik sampel. Hal ini menunjukan bahwa hasil yang didapat telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh USGS (> 85%). Hasil ini menunjukkan bahwa citra Landsat 8 OLI dapat digunakan sebagai bahan penelitian untuk mendapatkan klasifikasi tutupan lahan. Kata Kunci : Klasifikasi, Landsat 8 OLI, Sub-DAS, K-MEANS.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 04 Dec 2020 03:37
Last Modified: 04 Dec 2020 03:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21971

Actions (login required)

View Item View Item