Kurniawan, Elzan and Dewi, Jumiarni and Ahmad, Saddam Husein (2024) PENGEMBANGAN BOOKLET MATERI PLANTAE KELAS X SMA/MA BERDASARKAN STUDI ETNOBOTANI TUMBUHAN OBAT SUKU BESEMAH DESA KARANG CAYA KABUPATEN LAHAT. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
Elzan Kurniawan (A1D019006) - elzan kurniawan.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar tambahan berupa booklet tumbuhan obat Suku Besemah di Desa Karang Caya, Kabupaten Lahat, mengetahui kelayakan booklet yang telah disusun, dan mengetahui uji keterbacaan peserta didik terhadap booklet. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan Borg and Gall 1989 yang disederhanakan hingga tahap kelima. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Uji kelayakan booklet dilakukan oleh tiga validator yaitu ahli materi, ahli media dan ahli praktisi (guru biologi). Uji keterbacaan booklet dilakukan kepada 10 orang peserta didik di SMAN 5 Pagar Alam. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 42 spesies tumbuhan obat yang terdiri dari 32 famili. Famili dengan spesies terbanyak adalah Zingiberaceae. Hasil uji kelayakan booklet memperoleh persentase validator ahli materi 85,7%, ahli media 95,8%, dan praktisi 92,8% dengan kategori sangat layak digunakan. Hasil uji keterbacaan peserta didik terhadap booklet memperoleh persentase 91,7% dengan kategori sangat baik. Booklet tumbuhan obat dapat digunakan pada pembelajaran materi plantae. Kata Kunci: Booklet, Desa Karang Caya, Suku Besemah, Tumbuhan obat
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Biology Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 04:37 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 04:37 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21992 |
Actions (login required)
View Item |