ANALISIS POTENSI PENURUNAN TANAH AKIBAT LIKUEFAKSI PADA DAERAH RAWAN GEMPA DI WILAYAH KECAMATAN TELUK SEGARA DAN SUNGAI SERUT KOTA BENGKULU

Annisa, Nur Noptapia and Lindung, Hardiansyah and Annisa, Fitria Edriani (2024) ANALISIS POTENSI PENURUNAN TANAH AKIBAT LIKUEFAKSI PADA DAERAH RAWAN GEMPA DI WILAYAH KECAMATAN TELUK SEGARA DAN SUNGAI SERUT KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
G1B019019 ANNISA NUR NOPTAPIA - Annisa Nur Noptapia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Bencana yang sering menyertai ketika peristiwa gempa bumi terjadi adalah likuefaksi. Likuefaksi dapat terjadi apabila dipengaruhi oleh kondisi tanah berpasir dan jenuh air. Salah satu kawasan Kota Bengkulu yang memiliki kondisi tersebut yaitu Kecamatan Teluk Segara dan Sungai Serut. Pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sebaran muka air tanah, kerentanan likuefaksi dan penurunan tanah yang terjadi akibat likuefaksi di Kecamatan Teluk Segara dan Sungai Serut dengan menggunakan metode numerik. Metode tersebut menggunakan software Cyclic1D. Daerah yang terjadi likuefaksi ditentukan dari faktor keamanan (FS) dan probabilitas likuefaksi (PL). Data penyelidikan geoteknik pada penelitian ini dibagi menjadi dua, yaitu data primer sebanyak 3 data mikrotremor dan 38 titik data kedalaman muka air tanah yang tersebar di Kecamatan Teluk Segara dan Sungai Serut. Data sekunder berupa data CPT, 35 data profil perlapisan tanah, dan gelombang gempa. Hasil penelitian didapatkan nilai muka air tanah yang berada di Kecamatan Teluk Segara dan Sungai Serut berkisar 0,19-3,2 m dan terdapat 7 titik penelitian yang mengalami likuefaksi dengan nilai penurunan tanah sebesar 0-6,952 cm serta nilai PGA sebesar 0,0008g-1,288g. Hal ini menunjukkan bahwa lokasi penelitian memiliki sekitar 30% luas wilayah yang berpotensi likuefaksi ketika gempa bumi terjadi. Kata Kunci: Gempa Bumi, Likuefaksi, Penurunan Tanah, Metode Numerik, Cyclic 1D.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: Lili Haryanti, S.IPust
Date Deposited: 08 Oct 2024 04:31
Last Modified: 08 Oct 2024 04:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21995

Actions (login required)

View Item View Item