KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN BERDASARKAN KARAKTERISTIK MEREK TELEPON SELULAR (Studi kasus pada mahasiswa Universitas Bengkulu Fakultas Ekonomi Program Ekstensi)

Irawan, Erwan and Muluk , Alains (2009) KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN BERDASARKAN KARAKTERISTIK MEREK TELEPON SELULAR (Studi kasus pada mahasiswa Universitas Bengkulu Fakultas Ekonomi Program Ekstensi). Undergraduated thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[img] Text
ERWAN IRAWAN FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (733kB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui keputusan pembelian konsumen berdasarkan karakteristik merek telepon selular. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah descriptif study. Pada penelitian ini populasi yang dituju adalah populasi pada kalangan Mahasiswa Universitas Bengkulu Fakultas Ekonomi Program Ekstensi Manajemen yang menggunakan telepon selular. Adapun metode pengambilan sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Simple Random Sampling. Sampel diambil dalam penelitian ini meliputi sejumlah elemen yang diambil secara acak, dimana semakin besar jumlah sample maka akan memberi hasil yang lebih akurat. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan seperti yang telah diuraikan sebelumnya, maka kesimpulan yang dapat di ambil adalah: (1) Untuk atribut Keunggulan Relatif (Relative Advantage) nilai alpha (α) cronbrach yang didapat adalah sebesar 0,886 dan paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. (2) Untuk atribut Dapat Dilihat (Observability) nilai alpha (α) cronbrach yang didapat adalah sebesar 0,775. (3) Untuk atribut Kerumitan (Complexity) nilai alpha (α) cronbrach yang didapat adalah sebesar 0,758. (4) Untuk atribut Kesesuaian (Compatibility) nilai alpha (α) cronbrach yang didapat adalah sebesar 0,744. (5) Untuk atribut Dapat Dicoba (Trialability) nilai alpha (α) cronbrach yang didapat adalah sebesar 0,718. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan seperti yang telah diuraikan sebelumnya, maka dapat disarankan sebagai berikut: (1) Setelah mengalami kesulitan dalam memahami dan menggunakan fitur-fitur dan sistem pengoperasian pada ponsel baru, sehingga berdasarkan karakteristik complexity ini responden memiliki tingkat selektif yang tinggi pada telepon selular baru. (2) Diharapkan konsumen bisa melakukan observasi pada manfaat dan atribut yang ada pada telepon seluler sebelum mereka membeli atau menggunakannya. (3). Disarankan konsumen dapat mencoba ponsel baru tersebut terlebih dahulu pada batas waktu tertentu sebelum mereka membelinya.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 28 Nov 2013 21:16
Last Modified: 28 Nov 2013 21:16
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2204

Actions (login required)

View Item View Item