PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK SISWA KELAS VIII SMP 11 BENGKULU TENGAH

Marena, Marena and I Wayan, Dharmayana and Arsyadani, Mishbahuddin (2024) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK SISWA KELAS VIII SMP 11 BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI MARENA NPM A1L019057 - Marena.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik Cognitive Behavior Therapy terhadap resiliensi akademik siswa Kelas VIII SMP 11 Bengkulu Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen one group pretest-posttest design dengan populasi 40 orang siswa dan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga didapatkan 5 orang siswa menjadi sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan resiliensi akademik setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik Cognitive Behavior Therapy (CBT) sebagai treatment. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata skor sebelum diberikan treatment adalah 92 dalam kategori rendah dan setelah diberikan treatment nilai rata-rata skor menjadi 159 dalam kategori tinggi. Hasil analisis data dengan uji t (paired sample t-test) menunjukkan nilai t = -13,803 (p < 0,05) artinya ada pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik Cognitive Behavior Therapy (CBT) terhadap resiliensi akademik siswa. Kata kunci: Resiliensi Akademik, Konseling Kelompok, Teknik Cognitive Behavior Therapy.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Oct 2024 02:51
Last Modified: 10 Oct 2024 02:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22083

Actions (login required)

View Item View Item