PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MANAJEMEN DIRI TERHADAP KEDISIPLINAN DIRI SISWA KELAS XI NKPI 2 DI SMK NEGERI 4 KOTA BENGKULU

Fajariah, Dwi (2024) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MANAJEMEN DIRI TERHADAP KEDISIPLINAN DIRI SISWA KELAS XI NKPI 2 DI SMK NEGERI 4 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI DWI FAJARIAH_A1L019043_PERPUS UNIB - Dwi Fajariah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik manajemen diri terhadap kedisiplinan diri siswa SMK Negeri 4 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pra-eksperimen pretest dan posttest one group design. Subjek dalam penelitian berjumlah lima orang siswa dari kelas XI NKPI 2 SMK Negeri 4 Kota Bengkulu yang memiliki tingkat kedisiplinan diri yang rendah. Pengambilan subjek penelitian yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dengan skala Likert. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji (paired sample t-test). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kedisiplinan diri pada siswa setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik manajamen diri. Hal ini dapat terlihat dari hasil pengujian hipotesis dengan hasil uji t -9.053 (p < 0.05). Artinya bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada layanan konseling kelompok dengan teknik manajemen diri terhadap kedisiplinan diri siswa kelas XI NKPI 2 SMK Negeri 4 Kota Bengkulu. Kata Kunci : Kedisiplinan diri, layanan konseling kelompok dengan teknik manajamen diri.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Oct 2024 03:11
Last Modified: 10 Oct 2024 03:11
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22090

Actions (login required)

View Item View Item