ANALISIS KUALITAS LAYANAN SHOPEE MENGGUNAKAN METODE MOBILE SERVICE QUALITY DAN IMPORTANCE PERFOMANCE ANALYSIS (Studi Kasus : Aplikasi Shopee)

Anugrah, Aprianza Putra and Aan, Erlanshari and Ferzha, Putra Utama (2024) ANALISIS KUALITAS LAYANAN SHOPEE MENGGUNAKAN METODE MOBILE SERVICE QUALITY DAN IMPORTANCE PERFOMANCE ANALYSIS (Studi Kasus : Aplikasi Shopee). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Anugrah Aprianza Putra Cetak - Anugra Apri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Kualitas Layanan Shopee Menggunakan Mteode Mobile Service Quality Dan Importance Perfomance Analysis” Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui kualitas layanan terhadap e-commerce shopee berdasarkan perspektif pelanggan khususnya mahasiswa/i Universitas Bengkulu dan Untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan (mahasiswa/i) Universitas Bengkulu setiap dimensi melalui metode Mobile Service Quality (M-S-Qual) dan metode Importance Performance Analysis (IPA). Penelitian ini menggunakan dua metode yaitu metode Mobile Service Quality dan Importance Perfomance Analysis dengan menggunakan sembilan variabel yaitu efficiency, system availability, privacy, fulfillment, responsiveness, billing, contect, contact, dan compensation. Jenis penelitian adalah kuantitatif, dan dengan jumlah populasi 22.869 mahasiswa, peneliti mendapatkan sampel sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik random sampling (secara acak). Pengamatan dan pemantauan dilaksanakan secara langsung oleh penulis pada objek penelitian dengan menggunakan instrument penelitin berupa angket skala likert. Analisis dilakukan menggunakan SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan perhitungan nilai indek kepuasan pengguna sebesar 90% berarti pengguna merasa puas dengan layananan pada aplikasi shopee karena nilai IKP yang di dapatkan kurang dari 50%. Dengan nilai 43% dapat diartikan bahwa pengguna aplikasi Shopee merasa kurang puas dengan kinerja aplikasi Shopee. Kata Kunci : Kualitas Layanan, Shopee, Metode Mobile Service Quality, Metode Importance Performance Analysis

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: Lili Haryanti, S.IPust
Date Deposited: 10 Oct 2024 04:19
Last Modified: 10 Oct 2024 04:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22096

Actions (login required)

View Item View Item