PENGARUH LAYANAN INFORMASI FORMAT KLASIKAL TERHADAP SELF-CONTROL SISWA DALAM BELAJAR KELAS XI SMK NEGERI 3 KOTA BENGKULU

Karlina, Ayu and I Wayan, Dharmayana and Sri, Saparahayuningsih (2024) PENGARUH LAYANAN INFORMASI FORMAT KLASIKAL TERHADAP SELF-CONTROL SISWA DALAM BELAJAR KELAS XI SMK NEGERI 3 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI AYU KARLINA NPM A1L019072 - Ayu Karlina.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan informasi format klasikal terhadap self-control siswa dalam belajar kelas XI Busana 4 SMK Negeri 3 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Busana dengan jumlah 98 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random intact group sampling yaitu kelas XI Busana 4 yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket Skala Likert. Teknik analisis data menggunakan uji-t (paired sample test). Hasil rata-rata yang diperoleh sebelum diberikan layanan informasi format klasikal terhadap self- control siswa dalam belajar adalah 81,8 dalam kategori rendah, setelah diberikan layanan rata-rata self-control siswa dalam belajar menjadi 108,7 dalam kategori tinggi. Hasil uji-t= -9.558 dengan taraf signifikasi 0.000<0.05, artinya ada pengaruh yang signifikan layanan informasi format klasikal terhadap self-control siswa dalam belajar. Saran Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat lebih memperhatikan faktor-faktor yang memperngaruhi pemahaman mengenai self- control siswa dalam belajar, memperluas ruang lingkup penelitian, dan mengatasi konseli dari berbagai tempat, sehingga penelitian ini dapat digunakan sebaik- baiknya dan memberikan manfaat. Kata Kunci : layanan informasi, format klasikal, self-control, siswa dan belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Oct 2024 04:58
Last Modified: 10 Oct 2024 04:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22100

Actions (login required)

View Item View Item