PENGARUH LAYANAN INFORMASI MENGGUNAKAN TEKNIK MUTUAL STORYTELLING TERHADAP PEMAHAMAN BULLYING PADA SISWA KELAS VIII B DI SMP NEGERI 15 KOTA BENGKULU

Ismayanti, Maya and Yessy, Elita and Anni, Suprapti (2024) PENGARUH LAYANAN INFORMASI MENGGUNAKAN TEKNIK MUTUAL STORYTELLING TERHADAP PEMAHAMAN BULLYING PADA SISWA KELAS VIII B DI SMP NEGERI 15 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
skripsi maya A1L019024 - bambang kirapotocopy.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pemberian layanan informasi menggunakan Teknik Mutual Storytelling untuk meningkatkan pemahaman Bullying siswa kelas VIII B di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan one group pre-test post- test design. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling siswa kelas VIII B berjumlah 26 orang siswa. Data dikumpulkan menggunakan instumen tes dengan dua pilihan benar-salah. Data dianalisis menggunakan rumus t test. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan hasil pretest dan posttes pemahaman bullying sebelum diberikan perlakuan ada dalam kategori rendah dan setelah diberikan perlakuan ada dalam kategori tinggi dengan t = - 11.946 (p < 0,05). Jadi, layanan informasi menggunakan Teknik Mutual Storytelling efektif untuk meningkatkan pemahaman Bullying siswa. Kepada guru bimbingan dan konseling untuk menggunakan layanan informasi menggunakan Teknik Mutual Storytelling dalam meningkatkan pemahaman bullying siswa. Kata kunci: Layanan Informasi, Teknik Mutual Storytelling, Pemahaman Bullying

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Oct 2024 04:58
Last Modified: 10 Oct 2024 04:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22101

Actions (login required)

View Item View Item