Hasanah, Shalindra Varadeba and Syahriman, Syahriman and Rita, Sinthia (2024) PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
Skripsi Shalindra Varadeba Hasanah (A1L019001) - Shalindra Varadeba Hasanah.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan penguasaan konten untuk meningkatkan keterampilan regulasi diri dalam belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 141 orang siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan intact group random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 25 siswa. Data dikumpulkan dengan angket keterampilan regulasi diri dalam belajar. Data dianalisis menggunakan uji-t (paired sample t-test). Hasil uji t menunjukkan nilai t = -12,184 (p < 0,05), artinya terdapat pengaruh layanan penguasaan konten yang signifikan untuk meningkatkan keterampilan regulasi diri dalam belajar. Rata- rata keterampilan regulasi diri dalam belajar sebelum diberikan perlakuan layanan penguasaan konten dalam kategori sedang dan setelah diberikan perlakuan layanan penguasaan konten dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru bimbingan dan konseling untuk dapat menggunakan layanan penguasaan konten untuk meningkatkan keterampilan regulasi diri dalam belajar. Kata kunci: Keterampilan Regulasi Diri dalam Belajar, Penguasaan Konten
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 04:58 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 04:58 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22104 |
Actions (login required)
View Item |