PENGARUH LAYANAN INFORMASI DENGAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 KOTA BENGKULU

Puspitasari, Afrilia and Rita, Sinthia and Mayang, T. Afriwilda (2024) PENGARUH LAYANAN INFORMASI DENGAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI_AFRILIA PUSPITA SARI_A1L019051_PERPUS UNIB-dikompresi - Afrilia Puspitasari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan informasi dengan metode diskusi untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 Kota Bengkulu yang berjumlah 148 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik random intact group sampling dengan jumlah sampel 28 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket penyesuaian diri dengan skala Likert. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji t-test (paired sample test) yang menunjukkan peningkatan penyesuaian diri siswa setelah diberikan treatment berupa layanan informasi interaksi sosial dengan metode diskusi dengan nilai t = -14.333 dengan taraf signifikan (2-tailed) sebesar 0.000. Artinya, terdapat pengaruh layanan informasi dengan metode diskusi untuk meningkatkan penyesuaian diri. Kata Kunci: penyesuaian diri, layanan informasi, metode diskusi

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Oct 2024 04:58
Last Modified: 10 Oct 2024 04:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22108

Actions (login required)

View Item View Item