SRI, OKTA PIANI and Ferzha, Putra Utama and Arie, Vatresia (2024) ANALISIS MANAJEMEN LAYANAN TI PADA KEBANGKRUTAN E-COMMERCE JD.ID MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA INFRASTRUCTURE TECHNOLOGY INFORMATION LIBRARY (ITIL V3). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
SKRIPSI_SRI OKTA PIANI_G1F019007 - Sri Oktapiani.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
E-commerce akhir ini menjadi tempat yang banyak diminati oleh konsumen untuk berbelanja. Secara umum, e-commerce adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan penjualan barang dan jasa melalui internet. Diantara banyaknya layanan e-commerce yang ada di Indonesia, salah satunya yaitu JD.id. Pada penelitian ini membahas tentang tutupnya layanan JD.id di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk melihat layanan TI yang digunakan JD.id sebelumnya dengan melihat proses-proses dari domain service operation dengan kerangka kerja ITIL V3 dan mengetahui sejauh mana pengelolaan terhadap layanan TI yang digunakan JD.id sebelum tutupnya JD.id. Populasi dalam penelitian ini yaitu pengguna JD.id di wilayah-wilayah Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dan penilaian dari hasil penelitian ini yaitu berdasarkan jawaban pada kuesioner yang diberikan kepada responden menggunakan Skala Likert. Sampel yang diambil berjumlah 100 orang yang merupakan pengguna JD.id. Sumber data yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu dari data primer dan data sekunder. analisis data yang dilakukan yaitu perhitungan Maturity Level dari subdomain Service Operation. Hasil dari penelitian berada pada level 4 (managed) yaitu yang dimana Perusahaan dapat mengukur dan memonitor prosedur yang ada sehingga mudah ditanggulangi jika terjadi penyimpangan, proses juga dilakukan peningkatan secara terus menerus yang membuat proses menjadi lebih baik, namun otomasi dengan perangkat teknologi inforasi yang digunakan terbatas. Kata Kunci: Manajemen Layanan TI, JD.id, ITIL V3, Service Operation, Maturity level
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering |
Depositing User: | Lili Haryanti, S.IPust |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 04:54 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 04:54 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22113 |
Actions (login required)
View Item |