NILAI MORAL DALAM CERITA RAKYAT OGAN KOMERING ULU DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Putri, Amanda Diana and Agustina, Emi and Sarwono, Sarwit (2024) NILAI MORAL DALAM CERITA RAKYAT OGAN KOMERING ULU DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
AMANDA DIANA PUTRI-A1A020034 - rizkisakim.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

liki masyarakat OKU, mendeskrisikan nilai-nilai moral yang terdapat dalam cerita rakyat OKU, dan mendeskripsikan relevansi cerita rakyat OKU dengan pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cerita rakyat OKU yang terkumpul sebanyak 10 cerita, hampir semuanya tergolong ke dalam Legenda seperti, cerita Burung Punai, Batu Kebayan, Puyang Sekala Beq(gh)ak, Puyang Sekendak Ati, Goa Putri, Lesung Bintang, Asal-usul Desa Padang Bindu, dan Asal-usul Desa Laya. Selain itu diantara cerita yang terkumpul terdapat cerita yang tergolong ke dalam dongeng, yaitu cerita Puyang Serunting. Serta cerita yang termasuk ke dalam mite, seperti cerita Puyang Panjang. Cerita rakyat OKU mempunyai nilai-nilai moral yang dapat dijadikan pedoman berperilaku, antara lain; (1) Hati-hati dalam berbicara, (2) Hati-hati dalam bertindak, (3) Saling menghormati dan menghargai, (4) Peduli (responsif dan tidak acuh tak acuh), (5) Kesetiaan, dan (6) Bermasyarakat. Nilai-nilai moral yang ditemukan dalam cerita rakyat tersebut sesuai dapat diterapkan pada pembelajaran sastra di SMA untuk mencegah kasus kenakalan remaja yang banyak terjadi. Temuan nilai-nilai moral dalam cerita rakyat OKU itu sesuai dan dapat di manfaatkan pihak sekolah pada pembelajaran sastra di SMA, terkhusus untuk kelas X pada KD 3.7 yaitu 'Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis', dalam K.13 mata pelajaran Bahasa Indonesia. Kata Kunci : Cerita Rakyat OKU, Nilai Moral, Relevansi Pada Pembelajaran Sastra.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 14 Oct 2024 03:23
Last Modified: 14 Oct 2024 03:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22168

Actions (login required)

View Item View Item