PENYUSUNAN DATABASE RUMAH TANGGA MISKIN BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DENGAN MASUKAN CITRA SATELIT RESOLUSI TINGGI (STUDI KASUS DI KEC. KEPAHIANG, KAB. KEPAHIANG, PROV. BENGKULU)

Sulistyo, Bambang (2019) PENYUSUNAN DATABASE RUMAH TANGGA MISKIN BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DENGAN MASUKAN CITRA SATELIT RESOLUSI TINGGI (STUDI KASUS DI KEC. KEPAHIANG, KAB. KEPAHIANG, PROV. BENGKULU). In: Seminar Nasional Pengentasan Kemiskinan 2019, 24 Juli 2019, Hotel Santika Bengkulu.

[img] Text (Proceeding)
Penyusunan Database RTM dengan SIG dan CSRT (PROSIDING SEMINAR NASIONAL RENPER 2019).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk memberikan informasi yang terkait dengan penyusunan database Rumah Tangga Miskin berbasis SIG dengan memanfaatkan citra satelit resolusi tinggi, khususnya di Kec. Kepahiang, Kab. Kepahiang, Prov. Bengkulu. Metode yang dilakukan yaitu dengan melakukan survei secara langsung Rumah Tangga Miskin yang kriterianya telah ditentukan sebelumnya. Global Positioning System digunakan untuk menentukan koordinat dari rumah dari keluarga yang termasuk dalam Rumah Tangga Miskin. Bentuk rumah kemudian dilakukan interpretasinya menggunakan citra satelit resolusi tinggi WorldView2. Selanjutnya semua data yang telah diperoleh digabungkan dalam database. Penyusunan database Rumah Tangga Miskin sangat membantu dalam penyusunan rencana untuk menanggulangi kemiskinan, mengurangi keraguan dalam menyalurkan bantuan terutama pada lokasi-lokasi Rumah Tangga Miskin yang jauh dan tersebar, sehingga diharapkan penurunan angka kemiskinan akan lebih mudah dicapai karena mudahnya mengidentifikasi masyarakat miskin sehingga bantuan yang disalurkan tepat pada sasaran yang diinginkan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Soil Science
Depositing User: Septi Septi
Date Deposited: 25 Feb 2021 15:53
Last Modified: 25 Feb 2021 15:53
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22190

Actions (login required)

View Item View Item