Fatdillah, Dieni and Arono, Arono and Ariesta, Ria (2024) KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA BERDASARKAN MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 16 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
Dieni Fatdillah_A1A019024_Skripsi PDF - Dieni Fatdillah.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan menulis teks berita menggunakan media audio visual pada siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 207 siswa dengan teknik stratified random sampling yaitu 42 siswa sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes menulis. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan menulis teks berita berdasarkan media audio visual siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Kota Bengkulu adalah 76,20 (tinggi) karena terdapat tambahan media yang digunakan yaitu media audio visual, di mana siswa menulis hanya berdasarkan tayangan video dengan tema masalah lingkungan yang merupakan bagian dari proses pembelajaran. Kemampuan masing-masing aspeknya, yaitu rata-rata kemampuan menulis teks berita pada aspek unsur-unsur tergolong tinggi dengan nilai rata-rata siswa 32,30, aspek struktur berita tergolong tinggi dengan nilai rata-rata siswa 23,64, aspek kebahasaan tergolong sedang dengan nilai rata-rata siswa 12,24, dan aspek kesesuaian isi teks berita dengan bahan simakkan tergolong tinggi dengan nilai rata-rata siswa 8,02. Kata Kunci: Kemampuan Menulis Teks Berita, Audio Visual
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 04:01 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 04:01 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22195 |
Actions (login required)
View Item |