Erwin, Erwin and Yulistio, Didi and Purwadi, Agus Joko (2024) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI MENGGUNAKAN MEDIA KORAN SISWA KELAS VIII SMPN 22 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
ERWIN (A1A0171110 - Erwin Aylward.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Tim peneliti di SMPN Kota Bengkulu memutuskan untuk mencari tahu bagaimana siswa kelas delapan di sana belajar menulis teks meyakinkan dengan menganalisis artikel koran. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan di SMPN 22 Kota Bengkulu dari 3 – 27 Januari 2022, selama semester langka tahun 2022. Siswa kelas VIIIB dan instruktur bahasa Indonesia mereka di SMPN 22 Kota Bengkulu memberikan data verbatim dan tindakan yang digunakan untuk menganalisis proses pelatihan siswa untuk menulis komposisi yang meyakinkan. Data dikumpulkan melalui penggunaan metode observasi. Instrumen penelitian menggunakan pedoman pengamatan pembelajaran mencakup aspek (1) tahap pendahuluan, (2) tahap inti pembelajaran, dan (3) tahap penutup. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dengan tahapan analisis meliputi mengamati proses pembelajaran dan mencatat permasalahan, mentabulasi data sesuai permasalahan, mengelompokkan data sesuai masalah, menganalisis data sesuai permasalahan, dan menarik simpulan hasil penelitian. Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa pembelajaran menulis persuasi menggunakan media koran siswa sudah sesuai tahapan proses pelaksanaan pembelajaran mencakup (1) tahap pendahuluan meliputi guru bahasa Indonesia membuka pelajaran dengan salam, siswa berdoa sebelum belajar, dan melakukan apersepsi materi pembelajaran sebelumnya, (2) tahap inti pembelajaran menulis teks persuasi menggunakan koran meliputi guru bahasa Indonesia menyampai tujuan pembelajaran, meminta siswa menulis teks persuasi menggunakan koran secara berkelompok dan menyampaikan hasilnya di depan kelas dan diakhir pembelajaran guru meminta siswa untuk memperdalam materi menulis teks persuasi, dan (3) tahap penutup meliputi kegiatan menyimpulkan hasil pembelajaran, guru minta satu siswa untuk menyampaikan ringkasan hasil materi pembelajaran, guru melakukan refleksi menyampaikan hal yang sudah dan yang belum dipelajari serta memberikan tugas sesuai materi teks persuasi. Kata Kunci: Pembelajaran, Menulis, Teks Persuasi, Koran.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 04:23 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 04:23 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22211 |
Actions (login required)
View Item |