PELAYANAN SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KEBERFUNGSIAN SOSIAL BAGI PENYANDANG DISABILITAS MENTAL PSIKOTIK (Studi Kasus Panti Sosial Bina Laras “Dharma Guna” Kota Bengkulu)

Puspitasari, Desy and Muria, Herlina and Yunilisiah, Yunilisiah (2021) PELAYANAN SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KEBERFUNGSIAN SOSIAL BAGI PENYANDANG DISABILITAS MENTAL PSIKOTIK (Studi Kasus Panti Sosial Bina Laras “Dharma Guna” Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Desy Puspitasari.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (26MB)

Abstract

Pelayanan sosial adalah pelayanan secara utuh dan terpadu melalui pendekatan fisik, mental, dan sosial, adapun kegiatan yang bersifat pembinaan, pengembangan, dan pelayanan kesejahteraan sosial bagi penyandang disabilitas mental sehingga mereka mampu melaksanakan fungsi sosialnya sesuai dengan derajat disabilitasnya dan dapat melaksanakan fungsi sosialnya secara optimal dalam hidup bermasyarakat. Tujuan penelitian ini menjawab rumusan masalah yang dikaji, yaitu untuk mengetahui pelayanan sosial dalam meningkatkan keberfungsiaan sosial bagi penyandang disabilitas mental psikotik di Panti Sosial Bina Laras “Dharma Guna” Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menggambarkan secara mendalam tentang situasi atau proses yang diteliti dengan penjelasan-penjelasan yang bersifat kualitatif, melibatkan informan sebanyak 10 orang, yang terdiri dari pekerja sosial Panti Sosial Bina Laras “Dharma Guna” Bengkulu, Pembimbing pemberi bimbingan, pengasuh penerima manfaat, dan disabilitas mental psikotik. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Untuk menganalisis data yang diperoleh menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan sosial untuk meningkatkan keberfungsiaan sosial bagi penyandang disabilitas mental psikotik cukup baik. Hal itu terlihat dari adanyanya lima bimbingan yang setiap minggunya selalu dilaksanakan kegiatan untuk meningkatkan keberfungsian sosial penyandang disabilitas mental, namun ada beberapa kekurangan seperti fasilitas dan sumberdaya manusia yang kurang memadai. Berdasarkan hal tersebut maka disarankan: (1)Bagi penyandang disabilitas mental lebih disiplin dalam mengikuti pelayanan sosial, sesuai dengan jadwal yang telah di tentukan oleh pihak panti agar dapat meningkatkan keberfungsiaan sosialnya sehingga mampu kembali kelingkungan masyarakat.(2)Bagi pembimbing pekerja sosial dan pengasuh panti sosial Bina Laras “Dharma Guna” Bengkulu lebih meningkatkan kinerjanya seperti kegiatan yang dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah telah ditetapkan, pemberian materi bimbingan harus lebih tersistematis atau tersetruktur dengan cara modul yang telah ada diperbarui atau di revisi ulang sesuai dengan materi-materi yang dibutuhkan penerima manfaat, serta lebih kreatif dalam memberikan bimbingan dan keterampilan bagi penyandang disabilitas mental psikotik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 17 Feb 2021 06:11
Last Modified: 17 Feb 2021 06:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22244

Actions (login required)

View Item View Item