PERAN ORGANISASI MAHASISWA INTRA KAMPUS DALAM PENYELESAIAN STUDI (Studi Kasus Himpunan Mahasiswa Jurusaan Kesejahteraan Sosial HMJ-KS ) Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Bengkulu )

IRAWANSYAH, EDY PUTRA and Cucu, Syamsudin and Novi, Hendrika Jaya Putra (2021) PERAN ORGANISASI MAHASISWA INTRA KAMPUS DALAM PENYELESAIAN STUDI (Studi Kasus Himpunan Mahasiswa Jurusaan Kesejahteraan Sosial HMJ-KS ) Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Bengkulu ). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
PDF SKRIPSI EDY PUTRA IRAWANSYAH.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Organisasi memiliki tugas dan peran dalam membentuk potensi mahasiswa. Selain itu organisasi mampu untuk membuat kapasitas diri mahasiswa, di antaranya untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas. Dalam organisasi, mahasiswa dituntut untuk dapat mengkondisikan diri antara tanggung jawab dan kewajiban. Namun Dalam berorganisasi terdapat beberapa mahasiswa yang bermasalah dengan akademik diantaranya nilai akademisi menurun, pengulangan mata kuliah, dan lama study lebih dari 4 tahun. Persoalan tersebut dapat menyebabkan mahasiswa tersebut lama dalam penyelesaian study Akademik. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana peran Organisasi intra kampus dalam penyelesaian studi akademik. Tujuan penelitian ini adalah peran organisasi intra kampus dalam penyelesaian studi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kulalitatif dengan analisas deskritif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 13 orang mahasiswa Fisip. Teknik di kumpulkan melalui obervasi, wawancara, study dokumentasi. Hasil penelitian ini tentangperan organisasi mahaiswa intra kampus dalam penyelesain study mahasiswa mendapatkan kepercayaan diri, retorika, membentuk karakter, pengetahuan akademik, kerja sama. Selain itu dalam proses mahasiswa dalam penyelesaian study ada beberapa hal yang menjadi permasalahan bagi mahasiswa diantaranya mahasiswa tidak bisa membagi waktu antara perkuliahan dan organisasi serta terdapat sifat pemalas pada mahasiswa itu sendiri. Saran seharusnya mahasiswa bisa membagi waktu antara kegiatan organisasi dan perkuliahan.Mahasiswa di harapkan tidak menunda-menunda tugas perkuliahan, mahasiswa seharusnya bisa menghilangkan rasa malas saat mengikuti jam perkuliahan setelah mengkuti organisasi kampus.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 17 Feb 2021 06:32
Last Modified: 17 Feb 2021 06:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22247

Actions (login required)

View Item View Item