ANALISIS PENYEBAB TERJADINYA ANAK PUNK (Studi Kasus Kelurahan Purwodadi Kecamatan Argamakmur Kabupaten Bengkulu Utara Kota Bengkulu)

FARIS, M AMIRUL and Nurhayati, Darubekti and Muria, Herlina (2021) ANALISIS PENYEBAB TERJADINYA ANAK PUNK (Studi Kasus Kelurahan Purwodadi Kecamatan Argamakmur Kabupaten Bengkulu Utara Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesiis)
PDF SKRIPSI FARIS.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Punk merupakan budaya populer yang tercipta sebagai bentuk resistensi dari budaya dominan. Ideologi yang punker usung adalah anti- kemapanan. Mereka ingin hidup mandiri dan tanpa tergantung dengan budaya kapitalis yang diusung oleh golongan atas. Ideologi punk merepresentasikan protes terhadap ketimpangan kelas sosial dan kegagalan pemerintah untuk menyelesaikan masalah ekonomi dan sosial yang berkepanjangan. Dalam kehidupannya komunitas punk terbentuk karena beberapa faktor diantaranya, faktor mikro, messo dan makro. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran sejarah komunitas pun, profil komunitas punk dan faktor penyebab anak menjadi punk di Argamakmur. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, pengolahan data dan penarikan kesimpulan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Penentuan informan dilakukan menggunakan tekhnik purposive yaitu pengambilan sumber data dengan pertimbangan tertentu, dimana informan yang dipilih adalah yang dianggap paling tahu tentang apa yang kita harapkan. Dalam penelitian ini jumlah informan keseluruhan berjumlah 10 orang yang terdiri dari 7 orang informan pokok dan 3 orang informan tambahan. Informan pokok pada penelitian ini yaitu informan dengan karakteristik anak Punk yang sering terjaring razia oleh satpol PP. Sebagai alat analisis data berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, digunakan teori analisis data kualitatif sebagai alat untuk menganalisa permasalahan dan hasil temuan dilokasi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terbentuknya komunitas punk di Argamakmur disebabkan oleh tiga faktor yaitu faktor mikro menjelaskan bahwa penyebab terjadinya anak punk didasari oleh perubahan pada anak itu sendiri dan keluarga, faktor messo menjelaskan bahwa penyebab terjadinya punk dipengaruhi oleh lingkungan sosial, ekonomi dan broken home, faktor makro menjelaskan bahwa terjadinya anak punk disebabkan oleh lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 17 Feb 2021 07:08
Last Modified: 17 Feb 2021 07:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22250

Actions (login required)

View Item View Item