EVALUASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) TERHADAP LANJUT USIA PENERIMA MANFAAT DI DESA AIR SEBAYUR KECAMATAN PINANG RAYA KABUPATEN BENGKULU UTARA

ANGGRIAWAN, FERI and Cucu, Syamsudin and Yesilia, Osira (2021) EVALUASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) TERHADAP LANJUT USIA PENERIMA MANFAAT DI DESA AIR SEBAYUR KECAMATAN PINANG RAYA KABUPATEN BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI FERI ANGGRIAWAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Program Keluarga Harapan adalah program yang bertujuan untuk mengembangkan sistem perlindungan sosial bagi masyarakat miskin di Indonesia melalui penyediaan bantuan tunai bersyarat bagi keluarga sangat miskin yang memenuhi persyaratan dan ditentukan oleh Kementerian Sosial. Beberapa pihak yang terlibat dalam program ini termasuk penyedia layanan kesehatan. PKH diharapkan dapat merubah perilaku peserta PKH di sektor kesehatan. Penerapan PKH diharapkan dapat memutus rantai kemiskinan dan meningkatkan standar kehidupan sosial ekonomi, serta kesehatan kelompok masyarakat miskin, terutama kelompok masyarakat lansia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi Program Keluarga Harapan Terhadap lansia Penerima Manfaat di Desa Air Sebayur dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Contekt, Input, Procces, Produk). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 11 (sebelas) orang yang terdiri dari 7 (tujuh) orang informan pokok dan 4 (empat) orang informan pangkal, yang di tentukan melalui purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Program Keluarga Harapan terhadap lanjut usia di Desa Air Sebayur sudah berjalan dengan baik. Hal ini di lihat dari : (a). Contekt, tujuan pemenuhan kebutuhan lanjut usia sudah tercapai melalui pemenuhan kesehatan dan biaya hidup lansia (b). Input, Pelaksanaan pencairan dana PKH berjalan sesuai rencana, namun pendampingan tidak di lakukan dengan baik (c). Procces, Proses administrasi dan Pelaksanaan program sudah di lakukan dengan Standard Operasional Program (SOP). (d). Produk, tujuan awal PKH adalah untuk membantu rumah tangga sangat miskin menghindari kemiskinan dan meningkatkan taraf kehidupan lanjut usia, tujuan tersebut sudah tercapai dan berjalan dengan baik. Kekurangan dari PKH ini berdampak masih banyaknya RTSM yang mempunyai rasa ketergantungan terhadap bantuan PKH. Maka disarankan: (1). Pendamping harus lebih sering lagi berinteraksi dengan lansia yang memperoleh bantuan PKH (2). Pemerintah harus menambah sumber daya finansial untuk program PKH, agar tujuan program tersebut dapat tercapai (3).Penetapan calon penerima PKH lanjut usia yang layak mendapatkan bantuan program PKH seharusnya diserahkan kepada Dinas Sosial yang ada di daerah saja.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 17 Feb 2021 07:18
Last Modified: 17 Feb 2021 07:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22251

Actions (login required)

View Item View Item