KESEJAHTERAAN LANJUT USIA DI DESA LUBUK GELANGGANG KECAMATAN TEBING TINGGI KABUPATEN EMPAT LAWANG PROVINSI SUMATERA SELATAN

VINA, FINGKE HANSEL and Tamrin, Bangsu and Syuplahan, Gumay (2021) KESEJAHTERAAN LANJUT USIA DI DESA LUBUK GELANGGANG KECAMATAN TEBING TINGGI KABUPATEN EMPAT LAWANG PROVINSI SUMATERA SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Fingke Hansel Vina.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Lanjut usia di Desa Lubuk Gelanggang tinggal di rumah tidak bersama keluarga atau anak-anak mereka, karena pasangan mereka sudah meninggal dunia dan anak-anak mereka sudah menikah dan tinggal bersama keluarga sendiri. Pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari para lanjut usia harus bekerja berbagai pekerjaan yang dilakukan seperti petani kopi, buruh kebun, dan mengambil upah memetik kopi, karena lanjut usia tidak mau mengantungkan diri kepada keluarga dan anak-anak. tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui kesejahteraan lansia yang ada di Desa Lubuk Gelanggang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif, yang mana subjek penelitian 13 orang informan yang merupakan lanjut usia yang masih bekerja dan tinggal di Desa Lubuk Gelanggang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ksejahteraan lanjut usia dilihat dari pemenuhan kebutuhan fisik yang meliputi pemenuhan kecukupan pangan, sandang, dan papan, kesehatan, psikologis, sosial, dan spritual. Kebutuhan informan tidak semua terpenuhi karena beberapa faktor seperti penghasilan yang tidak mencukupi, kekuatan fisik yang sudah menurun, kurangnya perhatian dari anak-anak dan keluarga, hal ini yang mengharuskan lanjut usia masih tetap harus bekerja. Peneliti menyimpulkan bahwa kesejahteraan pemenuhan kesehatan, sosial, dan spritual informan semuanya sudah terpenuhi, tetapi pemenuhan kebutuhan fisik dan psikologis dari 13 informan hanya ada 1 informan yang terpenuhi dan bisa dikatakan cukup sejahtera.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 17 Feb 2021 07:26
Last Modified: 17 Feb 2021 07:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22252

Actions (login required)

View Item View Item