KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA FIKSI MELALUI SOAL PILIHAN GANDA MODEL AKM SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU

Fatra, Qalbita and Trianto, Agus and Wulandari, Catur (2024) KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA FIKSI MELALUI SOAL PILIHAN GANDA MODEL AKM SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
QalbitaFatra_Skripsi - qalbita fatra.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Literasi membaca merupakan kemampuan yang diperlukan untuk mempersiapkan peserta didik supaya dapat berkontribusi dalam masyarakat. Melalui AKM dapat melihat atau mengukur kemampuan literasi membaca peserta didik, maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan literasi membaca fiksi pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Kota Bengkulu melalui penyelesaian soal model AKM. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini ialah semua siswa kelas IX SMP Negeri 2 Kota Bengkulu dengan jumlah 393 siswa. Sedangkan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 10% dari total populasi. Instrumen pada penelitian ini ialah tes kemampuan literasi membaca fiksi dengan model AKM sebanyak 45 soal, dan melakukan uji instrumen dengan menghitung validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda pada tiap butir soal. Analisis data dilakukan secara statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi membaca fiksi pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Kota Bengkulu masuk pada kategori kurang dengan perolehan nilai rata-rata 45,41. Sedangkan berdasarkan rumusan masalah yang terdiri dari aspek literasi membaca (1) menemukan informasi memperoleh nilai rata-rata 61,33 dengan kategori cukup, (2) meginterpretasi dan mengintegrasi memperoleh nilai rata-rata 67,14 dengan kategori cukup, mengevaluasi dan merefleksi dengan nilai rata-rata 7,77 dengan kategori kurang sekali. Kata Kunci : AKM, Literasi, Membaca

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 14 Oct 2024 08:21
Last Modified: 14 Oct 2024 08:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22258

Actions (login required)

View Item View Item