PEMANFAATAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI TEKS BERITA UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU

Faturrahman, Falih and Wulandari, Catur and Ariesta, Ria (2024) PEMANFAATAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI TEKS BERITA UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI FALIH FATURRAHMAN A1A018111-1 - Falih Faturrahman.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu adalah pembuatan media pembelajaran yang memanfaatkan atau menggunakan aplikasi Canva sebagai alat bantu desain. Pemanfaatan tersebut merupakan usaha untuk memotivasi dalam belajar bagi peserta didik di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendiskripsikan pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, dengan pengumpulan data: (1) Teknik Observasi, untuk memperoleh gambaran pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media Bahasa Indonesia, (2) Teknik Wawancara, digunakan untuk memperoleh data mengenai pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran pada saat pembelajaran Bahasa Indonesia, (3) Teknik Dokumentasi, digunakan untuk mengumpulkan informasi berupa dokumen atau arsip-arsip sekolah tentang pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, penarikan data, dan uji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pemanfaatan aplikasi sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia berjalan dengan baik. Pemanfaatan aplikasi Canva ini digunakan untuk membuat media pembelajaran yang berupa power point dan poster. Melalui pemanfaatannya, aplikasi Canva menjadi alat bantu desain yang tepat untuk membantu guru maupun peserta didik dalam membuat media pembelajaran yang menarik, meningkatkan kreativitas, memudahkan peserta didik memahami materi, mudah diakses, dan elemen maupun fitur banyak yang gratis. Kata Kunci: Pemanfaatan, Aplikasi Canva, media pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 15 Oct 2024 01:19
Last Modified: 15 Oct 2024 01:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22268

Actions (login required)

View Item View Item