EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PANTUN NASIHAT SISWA KELAS VII SMP NEGERI 04 KEPAHIANG

Adellia, Zenda and Noermanzah, Noermanzah and Purwadi, Agus Joko (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PANTUN NASIHAT SISWA KELAS VII SMP NEGERI 04 KEPAHIANG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI ZENDA ADELLIA ( A1A020061) - zenda adellia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan menulis pantun nasihat siswa masih rendah dalam memilih kemenarikan isi dan makna pantun serta ketepatan diksi. Salah satu cara meningkatkannya dengan memberikan Tindakan berupa model pembelajaran berbasis proyek pada pantun nasihat. untuk itu tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis pantun nasihat pada siswa kelas VII A SMP Negeri 04 Kepahiang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimental. Desain yang digunakan yaitu one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VII A SMP Negeri 04 Kepahiang dengan menggunakan sample random sampling yaitu kelas VII A berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik tes essay. Teknik analisis data dengan cara uji normalitas menggunakan uji shapiro-Wilk, uji hipotesis ( uji t ). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai pretest dengan rata-rata 49,12 dan nilai posttest diperoleh dengan rata-rata 77,32 . Dalam penerapan model pembelajaran berbasis proyek memiliki langkah-langkah pembelajaran yaitu pengenalan masalah dengan cara penentuan pertanyaan mendasar, penyusunan rancangan proyek, penyusunan rencana kerja, pelaksanaan proyek dan monitoring proyek, pengujian hasil melalui presentasi, serta evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada efektivitas model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis pantun nasihat. hal ini dibuktikan dengan hasil uji t hitung sebesar -16,843 dan T tabel sebesar 1,711 atas perbandingan tersebut menunjukkan bahwa Thitung >Ttabel yang berarti Ha diterima maka Ho ditolak yang artinya terdapat efektivitas model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis pantun nasihat. Kata kunci : pengaruh, model pembelajaran berbasis proyek, kemampuan menulis pantun nasihat, siswa SMP.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 15 Oct 2024 01:19
Last Modified: 15 Oct 2024 01:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22271

Actions (login required)

View Item View Item