PEMBUATAN DAN KARAKTERISASI LOTION TABIR SURYA DARI MINYAK KELAPA MURNI BERBAHAN AKTIF EKSTRAK DAUN MAHKOTA DEWA (Phaleria macrocarpa (Scheff) Boerl.)

Nurrizkicha, Sella and Eni, Widiyati and Devi, Ratnawati (2019) PEMBUATAN DAN KARAKTERISASI LOTION TABIR SURYA DARI MINYAK KELAPA MURNI BERBAHAN AKTIF EKSTRAK DAUN MAHKOTA DEWA (Phaleria macrocarpa (Scheff) Boerl.). Undergraduated thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI Sella Nurrizkicha_F1B015034.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan karakterisasi sediaan lotion tabir surya dari minyak kelapa dengan penambahan bahan aktif ekstrak metanol daun mahkota dewa (Phaleria macrocarpa (Scheff) Boerl.). Lotion dibuat dengan cara mencampurkan fase minyak dan fase air, kemudian ditambahkan dengan bahan aktif ekstrak metanol daun mahkota dewa dengan variasi kadar 7%, 8%, dan 9%. Karakterisasi sediaan lotion tabir surya dengan melakukan uji viskositas, uji homogenitas, uji kestabilan, uji pH, dan penentuan nilai SPF dengan cara mengukur absorbansi radiasi sinar UV menggunakan Spektrofometer UV-Vis yang kemudian dihitung menggunakan persamaan Mansur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lotion mahkota dewa kadar 7%, 8%, dan 9% memiliki aktivitas sebagai tabir surya dengan nilai SPF sebesar 11,832; 13,102; dan 15,823. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai SPF yang diperoleh lebih tinggi dibandingkan dengan penelitian sebelumnya, hal ini dikarenakan adanya pengaruh penggunaan VCO dimana VCO dapat digunakan sebagai tabir surya apabila ada pencampuran dengan bahan aktif organik maupun anorganik. Kadar ekstrak mempengaruhi karakteristik dan nilai SPF dari lotion tabir surya, semakin tingginya kadar ekstrak maka nilai SPF akan semakin besar, dan diperoleh karakteristik sedian tabir surya yang telah memenuhi syarat mutu tabir surya. Kata Kunci: Lotion, tabir surya, mahkota dewa, SPF

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 03 Mar 2021 03:09
Last Modified: 03 Mar 2021 03:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22312

Actions (login required)

View Item View Item