PENGARUH BRAND IMAGE, KUALITAS PRODUK DAN WORD OF MOUTH (WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SUSU MORINAGA CHIL-KID DI KOTA BENGKULU

Gita, Rosinova and Sigit, Nugroho and Sularsih, Anggarawati (2023) PENGARUH BRAND IMAGE, KUALITAS PRODUK DAN WORD OF MOUTH (WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SUSU MORINAGA CHIL-KID DI KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Tesis GITA ROSINOVA Full - GITA ROSINOVA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Pemberian susu formula terhadap bayi memang tidak disarankan oleh pemerintah, terkecuali karena alasan khusus seperti ibu tidak dapat memberikan ASI disebabkan meninggal, sakit keras dengan indikasi medis dan hambatan dalam pemberian ASI karena kekuranga jumlah air susu yang dihasilkan atau mutunya tidak memenuhi syarat serta alasan saat ini banyak ibu yang bekerja, sehingga tidak dapat memberikan ASI setiap saat kepada bayinya. Hal ini mengakibatkan terjadinya peningkatan konsumsi susu formula bubuk lanjutan bagi bayi setiap tahunnya di Indonesia. Penelitian ini didasari oleh pendapat Schiffman dan Kanuk (2014) perilaku konsumen adalah suatu perilaku yang diperlihatkan oleh konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan menghabiskan produk dan jasa yang mereka harapkan akan memuaskan kebutuhan mereka. Sedangkan Kotler (2015) menyatakan bahwa perilaku konsumen adalah semua kegiatan, tindakan, serta proses psikologi yang mendorong tindakan tersebut pada saat sebelum membeli, ketika membeli, menggunakan, menghabiskan produk dan jasa setelah melakukan hal-hal diatas atau kegiatan mengevaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian survey. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada konsumen produk susu Morinaga Chil-Kid di Kota Bengkulu. Sampel yang digunakan dalam analisis adalah 240 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Variabel brand image, kualitas produk dan word of mouth secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen membeli produk susu formula Morinaga Chil-kid di Bengkulu. Hasil ini menunjukkan bahwa jika brand image, kualitas produk dan word of mouth dipersepsikan secara baik dan positif, akan meningkatkan keputusan konsumen membeli produk susu formula Morinaga Chil-kid di Bengkulu; (2) Variabel brand image secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen membeli produk susu formula Morinaga Chil-kid di Bengkulu. Hasil ini menunjukkan bahwa jika brand image dipersepsikan secara baik dan positif, akan meningkatkan keputusan konsumen membeli produk susu formula Morinaga Chil-kid; (3) Variabel kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen membeli produk susu formula Morinaga Chil-kid di Bengkulu. Hasil ini menunjukkan bahwa jika kualitas produk dipersepsikan secara baik dan positif, akan meningkatkan keputusan konsumen membeli produk susu formula Morinaga Chil-kid; dan (4) Variabel word of mouth secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen membeli produk susu formula Morinaga Chil-kid di Bengkulu. Hasil ini menunjukkan bahwa jika word of mouth dipersepsikan secara baik dan positif, akan meningkatkan keputusan konsumen membeli produk susu formula Morinaga Chil-kid. Saran-saran yang dapat diberikan adalah sebagai berikut: (1) Produsen dan pemasaran henaknya melakukan pemberian informasi positif kepada konsumen terkait dengan produk susu formula Morinaga Chil-kid melalui media-media komunikasi pemasaran, termasuk juga agen-agen pemasaran. Penyebaran informasi positif tersebut akan dapat mempengaruhi perilaku konsumen di masa-mas mendatang; (2) Produsen dan pemasaran harus meningkatkan kepercayaan dan keyakinan kepada konsumen terkait dengan brand image (citra merek), baik citra perusahaan maupun citra merek produk, sehingga konsumen loyal dengan produk-produk susu formula Morinaga Chil-kid, mengingat tingkat persaingan produk sejenis di pasaran sangat ketat dan (3) Produsen dan pemasaran harus melakukan pengawasan terhadap standar kualitas produk agar ditingkatkan baik di level produksi maupun level pemasaran produk. Upaya inspeksi rutin dan berkesinambungan ke outlet-outlet pemasaran produk susu formula Morinaga Chil-kid. Hal ini untuk memastikan produk-produk tidak kadaluarsa dan terjadi kelangkaan produk di pasaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Manajemen
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 15 Oct 2024 02:18
Last Modified: 15 Oct 2024 02:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22314

Actions (login required)

View Item View Item