DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA PADA ANAK PENYANDANG TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) DHARMA WANITA PERSATUAN PROVINSI BENGKULU

Lorenza, Kurnia and Suplahan, Gumay and Putra, N.H Jaya (2021) DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA PADA ANAK PENYANDANG TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) DHARMA WANITA PERSATUAN PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Kurnia Lorenza.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Dukungan sosial keluarga adalah bantuan yang berasal dari unit masyarakat terkecil yang terdiri dari kepala keluarga dan beberapa orang yang tinggal di suatu tempat di bawah satu atap dalam keadaan saling ketergantungan sekaligus merupakan suatu sistem sosial. Bentuk bantuan dapat berupa informasi, tingkah laku tertentu, ataupun materiil yang dapat menjadikan individu yang menerima bantuan merasa disayangi, diperhatikan, dan bernilai. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana dukungan sosial keluarga pada anak penyandang tunagrahita di Sekolah Luar Biasa (SLB) Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bengkulu. Jenis penelitian ini yakni penelitian deskriptif kualitatif yang menggambarkan secara mendalam tentang situasi atatu proses yang diteliti dengan penjelasan-penjelasan yang bersifat kualitatif. Melibatkan informan sebanyak 6 orang, yang terdiri dari Tenaga Pengajar SLB dan Orangtua anak tunagrahita. Metode penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data Observasi, Wawancara dan Studi Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial yang berasal dari keluarga merupakan dukungan yang sangat penting artinya. Hal ini dikarenakan keluarga merupakan kumpulan orang-orang yang dapat diandalkan kesinambungan dukungannya di saat seorang mulai terpisah dari lingkungan luarnya, seperti dari teman ataupun orang lainnya di luar keluarga. Dukungan sosial keluarga dalam penelitian ini berjalan dengan baik. Namun masih terdapat sedikit kendala seperti masih ada beberapa keluarga yang belum maksimal dalam pemberian dukungan salah satunya dalam bentuk dukungan instrumental dan penghargaan namun bentuk dukungan sosial sebagian besar keluarga sudah cukup baik, maka disarankan: Bagi Keluarga, Pihak Sekolah agar lebih memahami tingkah laku anak serta situasi lingkungan anak serta pemerintah diharapkan dapat memberi kebijakan dan perlindungan bagi anak tunagrahita.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 08 Mar 2021 07:25
Last Modified: 08 Mar 2021 07:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22314

Actions (login required)

View Item View Item