PARTISIPASI ISTRI NELAYAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA (Studi Kasus Pada Pengolah Ikan Kering/Asin di Kelurahan Sumber Jaya Kota Bengkulu)

Juniarti, Lisa and Sri, Putri Permata and Muria, Herlina (2021) PARTISIPASI ISTRI NELAYAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA (Studi Kasus Pada Pengolah Ikan Kering/Asin di Kelurahan Sumber Jaya Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
LISA JUNIARTI.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Partisipasi merupakan bentuk kontribusi seseorang atau kelompok masyarakat dalam melakukan kegiatan berupa ide/gagasan, tenaga, waktu, materi dan keterampilan untuk mencapai suatu tujuan. Adanya permasalahan ekonomi dalam keluarga nelayan menjadikan istri nelayan mengambil peranan ikut berpartisipasi untuk meningkatkan pendapatan keluarganya. Tujuan penelitian ini menjawab rumusan masalah yang dikaji, yaitu menggambarkan bagaimana partisipasi istri nelayan dalam meningkakan pendapatan keluarganya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Informan terdiri dari 10 istri nelayan, 2 suaminya dan 1 pendamping lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar istri nelayan di Kelurahan Sumber Jaya memiliki pekerjaan sebagai pengolah ikan kering/asin. Aktivitas pekerjaan yang mereka lakukan ini dimulai pukul 09.00 WIB – 16.00 WIB atau setelah melakukan pekerjaan rumah pada umumnya. Rata-rata besarnya nilai pendapatan istri nelayan adalah Rp.300.000,- hingga Rp.500.000,-/minggu. Pekerjaan ini dapat memberikan pendapatan tambahan bagi keluarga meskipun nilai nominalnya kecil. Pendapatan mereka sangat tergantung kepada suami sebagai pencari ikan yang hasilnya fluktuatif atau tidak menentu tergantung musim. Ketika pendapatan kepala keluarga meningkat maka kecenderungan pendapatan pada istri nelayan juga meningkat. Hal ini dikarenakan bahan baku ikan olahan berasal dari hasil tangkapan suami. Pendapatan yang mereka peroleh digunakan untuk berbagai macam kebutuhan seperti kebutuhan dapur, biaya pendidikan, biaya tak terduga, modal usaha dan lain-lainnya. Faktor lain yang menyebabkan tumbuh kembangnya partisipasi oleh istri nelayan dalam mengambil peranan untuk menambah penghasilan keluarganya selain karena faktor ketidakpastian pendapatan yang tidak menentu adalah seperti adanya kemauan, kemampuan, serta kesempatan. Dengan adanya partisipasi aktif oleh istri nelayan ini terbukti sangat membantu perekonomian kehidupan keluarga mereka. Untuk itu perlu diberikan peningkatan pengetahuan dan pelatihan praktis kepada istri nelayan tentang bagaimana mengelola hasil tangkapan ikan, agar lebih meningkatkan pendapatan keluarga sekaligus mengatasi perekonomian keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 08 Mar 2021 07:32
Last Modified: 08 Mar 2021 07:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22315

Actions (login required)

View Item View Item